Anugrah Parahita Ekapraya Kategori Madya disematkan kepada Lamsel

Jakarta, WARTA SELATAN
Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto kembali menerima Penghargaan, Kali ini penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan kategori Madya dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementrian PP-PA) yang diserahkan langsung oleh Mentri PP-PA Yohana Yembise dan disasikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden RI, Rabu (19/12/18).

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 tersebut, berdasarkan surat dari Kemen-PPPA Nomor: B-1598/set/KPP-PA/Roren/12/2018 Perihal Undangan penerimaan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 yang ditujukan kepada Bapak Bupati untuk Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sebagai penerima penghargaan.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA) bekerjasama dengan Tim Independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan pengarustamaan gender (PUG) tahun 2018 di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia.

Tercatat 159 Kabupaten/Kota yang akan menerima penghargaan dari seluruh kabupaten kota yang dilakukan penilaian oleh Kementrian-PPPA bersama Tim Independen, dari 159 Kab/ kota tersebut salah satunya Pemerintah Kabupaten Lamsel dinilai layak mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018.

Diketahui, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 merupakan penghargaan bergengsi diberikan sebagai apresiasi bagi kementerian/lembaga, Pemprov dan Pemerintah kabupaten/kota yang telah antusias melaksanakan program- program perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan baik dalam komitmen dalam kebijakan anggaran, Partisipasi masyakakat serta mendokumentasikan dan menyampaikan informasi secara online mengenai upaya hasil yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak (PP-PA).

Kepala Dinas PP-PA Pemkab Lampung Selatan Rini Ariasih mengatakan, dengan diterimanya penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bersama untuk terus meberikan Pelayanan terbaik bagi warga dan menumbuhkan partispisasi masyarakat di Lamsel.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dinilai dari tujuh Komponen kunci terdiri dari Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, dan Pasrtisipasi masyarakat.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya diberikan kepada daerah yang peduli terhadap kesetaraan gender.

“Alhamdulillah Lampung Selatan setelah di ferikasi memenuhi tujuh komponen tersebut sehingga bisa mendapatkan penghargaan,” jelasnya.

Provinsi Lampung ada 6 kabupaten/kota yang mendapat penghargaan, dan Lampung selatan yang mendapatkan kategori Madya sedangkan 5 Kabupaten lain nya dengan kategori Pratama, Bandar Lampung, Metro, Lampung Timur, Mesuji, Lampung Tengah.

Lampung Selatan sebelum nya juga dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan Kategori Tingkat Pratama dan pada tahun 2018 ini mendapat Anugerah Parahita Ekapraya (APE)kategori Tingkat Madya semua ini berkat kerja bersama seluruh stakeholder terkait dan tentunya partisipasi masyarakat Lampung Selatan,” pungkasnya.(kmf/ADE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *