LAPOR, aplikasi untuk rakyat sampaikan aspirasi

Kalianda, WARTA SELATAN
Laporan dan Penhaduan oLeh rakyat (LAPOR) adalah satu trobosan baru Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat.

Sosialisasi dan Bimbingan Tehnis Lapor yang dilaksanakan Pemkab Lampung Selatan ini, adalah untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Lampung Selatan dengan Thema ”
Dengan Aplikasi LAPOR! kita wujudkan pelayanan publik melalui aspirasi masyarakat, Rabu (19/12).

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Anas Ansori juga dihadiri oleh PMPTSP Martoni Sani, Camat Rajabasa Sabtudin dan Camat Kalianda Erdiansyah , serta pejabat lainya.

Plt Kadis Kominfo M. Serfri Masdian kepada media ini menjelaskan bahwa aplikasi “LAPOR! Merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas. Dengan LAPOR! Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui situs www.lapor.go.id, SMS ke 1708 denga tarif normal, twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor katanya.

Sedangkan tujuan dilakukanya aplikasi ini yakni untuk mengikut sertakan peran serta masyarakat dalam mengawasi kinerja pemerintah dan proses pembangunan yang ada diwikayah ini ” tuturnya lagi.

Asisten Bidang Admistrasi Umum, Anas Ansori yang membacakan sambutan Plt. Bupati Lampung Selatan mengatakan para admin LAPOR adalah gerbangnya Dinas/Instansi dalam menerima Pengaduan atau Aspirasi masyarakat, oleh karena itu diharapkan para Admin dapat dengan benar-benar melaksanakan tugas dalam menerima pengaduan dari masyarakat ” kata Anas.

Aplikasi LAPOR ini merupakan salah satu sarana penampung pengaduan, aspirasi, saran, dan masukan dari masyarakat, sehingga para admin harus dapat melaksanakan tugas dengan baik benar ” ujar Anas lagi.

Masyarakat Indonesia merupakan pengakses Facebook terbesar di dunia, tentunya fenomena ini memiliki dampak yang baik apabila penggunaannya tepat sasaran, tapi kemajuan teknologi dapat pula berdampak buruk apabila digunakan untuk hal-hal yang menyimpang.
Melihat kondisi ini tentunya diperlukan kesiapan dari seluruh pihak terkait, itulah pentingnya dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis LAPOR! ini” yerang Anas

Adapun Narasumber Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) selain dari Diskominfo Lampung Selatan sendiri, serta narasumber dari Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia.(kmf/Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *