Alpandi: Pers Diharapkan Mampu Memegang Prinsip Jurnalisme Politik Secara Dewasa saat Pemilu Serentak 2019

Kalianda, WARTA SELATAN

Ketua PWI Lampung Selatan Alpandi S.Si menyampaikan peran Pers dalam pelaksanaan Penilhan Umum dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Alpandi saat menjadi Nara Sumber dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilu 2019,  Rabu (13/3) di Aula Negeri Baru Resort Kalianda.

Pers perlu mengetahui beberapa fungsinya seperti yang amanatkan dalam  Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers disebutkan bahwa pers mempunyai beberapa fungsi
1. Menginformasikan (to inform). 
2. Mendidik (to educate).
3. Menghibur (to entertain).
4. Pengawasan Sosial (social control), lanjut Alpandi.

Menjelang tahun politik Pemilu serentak 2019 Independensi media radio, koran, TV, majalah, media online harusnya dapat dijaga dari pengaruh maupun bias-bias politik praktis. Karena menurutnya media mempunyai pengaruh luas di masyarakat yang diharapakan Pers menggunakan ranah publik (publik domain) dengan memperhatikan fungsi – fungsinya baik untuk memberikan informasi maupun untuk melakukan pengawasan sosial ” kata Alpandi .

Selain itu kata Alpandi lagi bahwa,  Pers diharapkan mampu memegang prinsip jurnalisme politik secara dewasa untuk menjalankan perannya dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Dalam arti, Pemilu Serentak 2019 oleh pers ditempatkan sebagai peristiwa politik yang harus didorong agar memiliki makna dalam mendidik masyarakat untuk berdemokrasi secara matang dan dewasa ” tutup Alpandi ( Ade- Ris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *