Hakim Vonis 12 tahun kepada Zainudin dan cabut hak Politiknya

Bandar Lampung, WARTA SELATAN
Bupati Non Aktif Lampung Selatan Zainudin Hasan di Vonis 12 tahun penjara, denda sebesar Ro.500 juta Subsider 5 bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjung Karang, Kamis (25/4).

Selain dijatuhi hukuman kepada adik kandung Ketua MPR RI ini, Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hj. Mien Trisnawati SH MH, kepada terdakwa juga diwajibkan membayar uang penganti sebesar Rp.66 Milyar rupiah dan jika uang pengganti tersebut tidak dibayarkan maka diganti dengan kurungan badan selama 18 bulan penjara.

Tidak hanya itu, bupati Non Aktif Lampung Selatan ini juga diganjar dengan dicabut hak politiknya selama 3 tahun lamanya.

Sidang putusan dalam perkara fee proyek pada Dinas PU PR Lampung Selatan ini sebelumnya Jaksa penuntut umum (JPU) KPK menuntut terdakwa selama 15 tahun penjara, uang denda sebesar Rp.500 juta , dengan subsider kurungan selama 5 bulan penjara, dan mengganti kerugian uang negara yang diakibatkan oleh Zainudin sebesar Rp. 66 Milyar, dan apabila terdakwa tidak mampu mengembalikan uang negara tersebut diganti dengan kurungan badan selama 2 tahun penjara.

Dalam dakwaan JPU KPK sebelumnya diterangkan diantaranya bahwa besaran fee proyek pada Dinas PUPR bahwa fee yang diminta oleh Zainudin Hasan sebesar Rp. 17 persen yang digunakan untuk membiayai keperluanya serta membeli beberapa aset guna memperkaya dirinya sendiri, sedangkan sisanya diberikan kepada panitia lelang pada Dinas PUPR Lampung Selatan.

Atas vonis yang dijatuhkanya adik Zulkifli Hasan tersebut bersama kuasa hukumnya menyatakan pikir-pikir, begitu juga dengan JPU KPK yang menyatakan hal yang sama.( Ade/Res)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *