Lamsel Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Tinju Amatir seSumbagsel dan Banten

Kalianda, WARTA SELATAN
Kejuaraan Tinju Amatir se-Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Banten resmi dibuka, di Gedung Olahraga Way Handak (GWH), Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, pada Minggu (28/4) siang.

Kejuaraan yang mulai digelar pada 28 April hingga 1 Mei 2019 itu, diikuti ratusan atlet dari 13 kabupaten/kota yang berasal dari 4 Provinsi yakni, Sumatera Selatan, Bengkulu, Banten, dan Lampung. Dimana Kabupaten Lampung Selatan Selatan bertindak sebagai tuan rumah.

Adapun kejuaraan itu akan memperebutkan piala Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesa (KONI) Lampung Selatan, piala Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan, piala Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Selatan, dan piala Ketua Pertina Lampung Selatan.

Ketua KONI Lampung Selatan, H. Rudi Apriadi mengatakan, selain sebagai sarana pengembangan dan pembinaan dalam pencapaian prestasi, melalui kejuaraan itu diharapkan akan terbentuk jiwa kebersamaan dan persaingan yang sehat atau fair play diantara atlet yang berkompetisi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan itu kata dia, juga sebagai upaya atau ajang untuk mempersiapkan dan menumbuh kembangkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga, khususnya pada cabang olahraga tinju yang belum banyak diminati masyarakat.

“Dengan kejuaraan tinju amatir ini, diharapkan akan dapat memunculkan atlet berprestasi yang nantinya dapat mewakili daerahnya pada kejuaraan tingkat pelajar maupun umum diberbagai event atau kejuaraan yang lebih tinggi,” ujar Rudi saat menyampaikan sambutan dalam acara itu.

Selain itu, Rudi menambahkan, kejuaraan itu juga merupakan sebagai salah satu tolak ukur cabang tinju Kabupaten Lampung Selatan sebagai wujud realisasi pembinaan prestasi menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke IX tahun 2021 mendatang.

“Kami berharap, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, dapat sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses dalam pemberdayaan atlet di daerah itu sendiri,” katanya.

Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Supriyanto dalam sambutannya mengapresiasi digelarnya kejuaraan tersebut.

Dirinya berharap, melalui kejuaraan itu dapat meningkatkan prestasi atlet tinju amatir di Sumbagsel dan Banten, khususnya atlet dari Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh atlet, official, dan pelatih di bumi Khagom Mufakat, Kota Kalianda, Lampung Selatan ini,” ujar Supriyanto yang menyampaikan sambutan Plt Bupati Lampung Selatan sekaligus membuka kejuaraan tersebut.

Lebih lanjut Supriyano mengatakan, melalui event tingkat nasional yang baru pertama kali digelar di Lampung Selatan itu, akan menarik minat generasi muda untuk menggeluti olahraga tinju, sehingga kedepan mampu mencetak atlet-atlet muda berbakat dari daerah.

“Tidak menutup kemungkinan nantinya akan menjadi tinju professional yang penuh prestasi, dan bisa menjadi juara dunia seperti halnya Cris Jhon yang telah telah mengahrumkan bangsa Indonsia melalui cabang oelahraga tinju,” kata Supriyanto.

Diakhir, Supriyanto juga berharap, melalui kejuaraan tersebut, bisa menjadi cerminan sekaligus motivasi untuk membangkitkan gairah bibit-bibit petinju seluruh Indonesia, Khususnya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

“Tentunya kita sama-sama berharap, kejuaraan tinju yang dilaksanakan di Lampung Selatan ini dapat menjadi pilot project bagi seluruh pertandingan yang dilaksanakan oleh Pertina (Persatuan Tinju Amatir Seluruh Indonesia, red) di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, dari pantauan dilapangan, dalam kejuaraan itu, juga dilaksanakan pertandingan ekshibisi antara Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menghadapi mantan petinju nasional yang pernah menjadi juara nasional dikelas bulu yakni Costa Serumena. (az/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *