Danramil Sidomulyo Lamsel, sebagai Pemateri Pesantren Kilat di SMPN 3 Sidomulyo

SIDOMULYO, WARTA SELATAN
Sebanyak 150 siswa-siswi SMPN 3 Sidomulyo mengikuti kegiatan pesantren kilat yang diselengarakan oleh sekolah pada pada setiap bulan Ramadhan.

Ada yang menarik dalam kegiatan keagamaan itu, para siswa selain diberikan pengetahun tentang keagamaan dalam rangka meningkatkan kwalitas dalam menjalankan ibadahnya juga diberikan materi tentang wawasan kebangsaan.

Danramil Sidomulyo Kapten Kav Suyanto yang didampingi oleh anggotanya Serda Agus Suwanto, Jumat (17/5/2019) hadir dalam kegiatan Pesantren Kilat SMPN 3 Sidomulyo sebagai pemateri tentang Wawasan Kebangsaan .

Dihadapan para siswa, guru dan kepala sekolah yang mengikuti kegiatan itu, Suyanto menyampaikan bahwa NKRI adalah negara yg wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Merauke. Meliputi lebih dari 17 ribu pulau, ratusan suku, adat, bahasa dan budaya dan kekayaan alamnya luar biasa sehingga banyak negara yang ingin menguasai Indonesia.

Namun demikian kita wajib bersyukir bahwa para pendiri Bangsa ini telah menjadikan Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga walalupun negara ini mengalami beberapa kali rongrongan/cobaan untuk merubah Ideologi, namun Pancasila tetap tegak sebagai dasar negara kita .

Negara Indonesia bukan Negara beridiologikan agama tetapi agama dijadikan dasar dalam hubungan sesama manusia dan hubungan terhadap Tuhan yang Maha Esa ” tutur Suyanto.

Pendiri bangsa menyadari bahwa tanpa persatuan Dan kesatuan cita-cita kemerdekaan tidak akan tercapai, oleh karena itu untuk menciptakan keadilan dan kemakmuran bagi warga Negara kesatuan RI kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan .

Perlu diketahui bahwa sebelum ada Undang-undang HAM, bangsa Indonesia sdh menerapkan azas Kemausiaan yg adil dan beradab.

Begitu juga dalam berdemokrasi bangsa Indonesia sejak negara ini berdiri selalu dilandasi dengan musyawarah dan mufakat ” tuturnya lagi. (rls/ADE/ris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *