Nanang Ermanto, hadiri Haul Pahlawan Nasional Radin Inten II Ke 163

(wartaselatan.com)-KALIANDA
Plt Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto menghadiri peringatan Haul Pahlawan Nasional Radin Inten II ke 163 tahun 2019, Minggu (13/10/2019).

Peringatan Haul pahlwan Nasional kebanggan warga Lampung yang dibarengi dengan acara Sejuta Dzikir ini dilaksanakan di Komplek Taman Makan Pahlawan Nasional Radin Intem II yang berada di desa Gedung Harta Kecamatam Penengahan Lampung Selatan.

Hadir dalam acara Haul Pahlawan Nasional Radin Inten II ke 163 ini dihadiri oleh keluarga Besar almarhum Radin Inten II, Penyimbang Adat, Forjopimda, para OPD Pemkab Lampung Selatan, serta ribuan warga yang memadati komplek Taman Makan Pahlwan Nasional kebanggan warga Lampung Ini.

Benteng Cempaka yang terletak di area Taman Makan Pahlawan Nasional Radin Inten II, juga menjadi salah satu perhatian warga masyarakat yang hadir menuhi lokasi Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II yang ditetapkan oleh
Pemerintah Republik Indonesia dengan menganugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 082 Tahun 1986 tanggal 23 Oktober 1986.

Seperti dilansir Wikipedia, Radin Inten II yang lahir di desa Kuripan Tahun 1834,, di usia muda (16 tahun) telah mampu memimpin pasukannya untuk menentang penjajahan Belanda, dan wafat di usia 24 Tahun yakni pada tanggal 5 Oktober 1858.

Plt. Bupati Lampung Selatan, Hi. Nanang Ermanto dalam sambutanya mengatakan, betapa beratnya perjuangan yang dilakukan oleh Radin Inten II dalam menentang penjajahan Belanda. Dalam usia yang relatif muda (16 tahun) Radin Inten II sudah mampu memimpin pasukannya dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk itu, kita yang berada disini, mari kita sama-sama mendo’akan Pahlawan Nasional Radin Intan II,” ujar Nanang.

kepada kepqla Dinas Pariwisata Lampung Selatan, diharapkan agar acara ini tidak hanya sebatas seremonial, tapi juga diagendakan sehingga kegiatan ini dijadikan sebagai agenda tahunan dengan melibatkan keluarga besar Radin Inten II,” pinta Nanang.

Nanang Ermanto juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Lampung Selatan untuk bersama-sama dan bergotong royong untuk menjaga dan melestarikan Taman Makam Pahlawan Radin Intan II ini sebagai salah satu “Ikon Lampung Selatan”. Dengan membesarkan nama Radin Inten II serta menjadikan ikon budaya, secara tidak langsung akan membuat masyarakat diluar Lampung Selatan ingin mengetahui sejarah Radin Inten II dan mereka akan datang beramai-ramai untuk mengetahui sejarah dan melihat secara langsung Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II.

” Kebersamaan dan bergotong-royonga saya yakin akan mampu membesarkan nama Pahlawan yang kita bamggakan . Kita tidak boleh lupa akan sejarah. Sebagai generasi penerus, kita punya kewajiban untuk mengisi kemerdekaan. Kita tidak berjuang untuk merebut kemerdekaan, tapi kita punya kewajiban untuk mengisi kemerdekaan dan salah satunya ialah menghormati para pahlwan yang telah gugur mempertahankan nwgara ini, dan terus melestarikan budaya ” Ujar Nanang. (kmf/ADE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *