Nanang Ermanto : Saya bukan tidak mau bantu PCNU Lamsel, tapi aturan yang melarang

(wartaselatan.com)-KALIANDA
Plt.bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menegaskan bahwa pemerintah kabupaten Lampung Selatan bukan tidak mau membantu terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh PCNU, tapi karena pihaknya tidak mau menyalahi peraturan yang sudah ditetapkan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Nanang Ermanto,Senin (28/10/2019) saat memberikan jawabab atau tanggapan pemandangan umum yang disampaikan oleh Fraksi PKB yang dibacakan oleh Hamdani SHI, mengenai pelaksanaan peringatan hari Santri Nasional di Lampung Selatan yang digelar, Minggu (27/10/2019) di Lapangan Cipta Karya Kalianda.

Pemberian bantuan dana Hibah kepada organisasi kemasyarakatan itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2018 itu tidak boleh diberikan secara berturut turut kepada organisasi tertentu, oleh karena itu karena PCNU Lampung Selatan sudah menerima bantuan pada tahun 2018, maka ketika mengajukan kembali pads tahun 2019 pemkab Lampung Selatan tidak dapat memenuhinya ” tutur Nanang Ermanto.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan Dan Pengelolaan Aset Daerah Lampung Selatan Inji Indrawati, mengatakan bahwa pemberian dana hibah tersebut kepada organisasi tidak dapat diberikan setiap tahun berturut-turut ” katanya

Hal itu sudah diatur dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2018 tentang perubahan ketiga atas peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32/2011 tentang pedoman pemberian hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD.

Pada Pasal 4 ayat 4 dijelaskan bahwa pemberian bantuan dana hibah kepada ormas itu
tidak terus menerus setiap tahun anggaran,
kecuali:
1) kepada pemerintah pusat dalam rangka mendukung penyelenggaraan
pemerintahan daerah untuk keperluan mendesak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
dan/atau

2) ditentukan lain oleh peraturan
perundang-undangan;
d. memberikan nilai manfaat bagi Pemerintah ” tutur Intji.

Intji juga menjelaskan bahwa mengenai bantuan yang diberikan kepada PCNU Lampung Selatan, bahwa proposal yang diajukan pada tahun 2018 lalu, sudah diakomodir 100% sesuai dengan proposal yang diajukan, sedangkan untuk proposal yang diajukan 2019 kemarin pihaknya tidak dapat mengakomodir karena bertentangan dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah ” pungkasnya. ( ADE )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *