Pemilik 129 Kg Ganja, Hakim Vonis Des Syahrijal 18 tahun dan Exel Havianto 12 tahun

(wartaselatan.com)-KALIANDA
Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kalianda memvonis Des Syarijal 18 tahun penjara dan Exel Havianto divonis selama 12 tahun penjara, dalam sidang putusan yang digelar, Selasa (29/10/2019).

Vonis yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim PN Kalianda tersebut dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Dekha Diana SH MH anggota Chandra Revolisa SH MH dan Yudha Dinata SH lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rachmad Djati Waluya, yang menuntut kedua dengan terdakwa Des Syahrijal hukuman mati dan Exel Havianto dengan tuntutan seumur hidup.

Mendengar vonis yang dijatuhkan kedua terdakwa setelah beekonsultasi dengan kuasa hukumnya Nurhadi SH kemudian kedunya menyatakan menerima atas vonis yang dijatuhkan kepadanya
” Kami menyatakan menerima atas Vonis yang dojatuhkan kepada kami berdua ” kata kedua terdakwa, sedangkan JPU Rachmad Djati Waluya menyatakan pikir pikir.

Kemudian setelah mendengar pernyataan dari JPU, Ketua Majelis Hakim Dekha Diana kemudian memberikan waktu selama satu minggu untuk melakukan upaya hukum atas vonis yang dijatuhkan kepada kedua terdakwa ” Saya berikan waktu satu minggu kepada Jaksa untuk melakukan upaya hukum ” tutur Dekha sebelum mengetok palunya.

Dalam amar putusanya dijelaskan Majelis Hakim bahwa terdakwa ditangkap jajaran Polres Lampung Selatan , Minggu (10/3/2019) pukul 22.00 wib di Pintu Seapord Interdiction Area pelabuhan Bakaiheni karena diduga membawa ganja kering seberat 129 kg Ganja Kering yang disimpan di bagasi kendaraan Toyota Altis Nopol B 1805 KBH. Kemudian saat dilakukan pemwriksaan terdakwa mengaku barang haram tersebut adalah milik Buhori (DPO) yang beralamat di Aceh NAD untuk diantarkan ke Bogor Jawa Barat.

Saat dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku, kemudian terdakwa DS, kemudian petugas berhasil mengamankan EH di Bogor Jawa Barat saat hendak mengambil barang haram pesananya. Dalam amar putusanya majelis hakim menjelaskan bahwa berdasrkan keterangan saksi dan barang bukti yang dihadirkan dalam persidangan kedua terdakwa bersalah melakukan tindak pidana permufakatan jahat dan melawan hukum menjadi perantara dalam jual beli/memperoleh/menerima Narkotika Golongan I seberat 129 Kg Ganja Kering sehinga melanggar pasal 114 (2) 132 (1) pasal 111 (2) 122 (1) pasal 125 (2) 132 (1) UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika ” pungkasnya.

Penasehat Hukum kedua terdakwa Nurhadi SH mengatakan bahwa pihaknya menyatakan menerima atas putusan atau Vonis yang dijatuhkan kepada kedua klienya DS dan EH, keringanan hukuman dari tuntutan Jaksa, merupakan upaya maksimal yang telah dilakukanya, oleh karena itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Majelis Hakim yang telah mengabulkan permohonannya ” tutur Nurhadi. ( ADE )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *