Pengurus BUMDes wajib serahkan LPJ kepada Kades dan BPD

(wartaselatan.com) – SIDOMULYO – Pengurus Bumdes diwajibkan memberikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) mengenai Keuangan dan Kegiatan Bumdes Kepada Kepala Desa dan di tembuskan kepada BPD, Camat dan Dinas PMD.

Hal ini seperti yang di sampaikan oleh Kabid Ekonomi Dinas PMD Lampung Selatan Sampoerno, dalam kegiatan Monitoring DPRD Lamsel Komisi I mengenai penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2019, di Aula Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan. Jumat (20/12/2019)

Kabid Ekonomi Dinas PMD Lamsel Sampoerno dalam sambutan nya menyampaikan beberapa hal mengenain pengelolaan Dana Desa salah satunya mengenai Pengelolaan Bumdes. Bahwasan nya Pengurus Bumdes wajib memberikan laporan pertanggung jawaban (LPJ) keuangan dan kegiatan kepada kepala desa dan BPD. Sampai di mana perkembangan Bumdes selama ini.

Dalam memilih kelaikan usaha Bumdes, perlu dilakukan analisa usaha. Sebab, jangan sampai salah dalam memilih. unit usaha Bumdes sangat genting. Karena banyak Bumdes yang “mati suri” diakibatkan salah memilih unit usaha. Terang nya

Di tambahkan Sampoerno Apabila Pengurus Bumdes tidak melaporkan, maka Kepala Desa untuk melayangkan surat kepada Pengurus Bumdes tembusannya di sampaikan kepada camat dan Dinas PMD. Tuturnya.

Wakil ketua I DPRD Lampung Selatan Agus Sartono di akhir kegiatan kepada media menyampaikan kan kegiatan Monitoring DPRD Lamsel Komisi I ini untuk menyerap dan mendengar secara langsung mengenai penggunaan Dana Desa , apa saja yang telah di laksanakan dalam pengolaan Dana Desa di tahun 2019. Disini kita Juga menyerap aspirasi arus bawah apa saja pembangunan yang akan di laksanakan tahun depan sesuai dari hasil kegiatan Musrenbangdes beberapa waktu yang lalu, Untuk kita bawa dalam pembahasan di DPRD nanti..Terang nya

Kami harapkan bahwa pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya dari segi infrastrukur saja,  namun  juga dalam bidang Sumber daya Manusia, seperti keterampilan, dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang bisa mendapatkan sertifikat keterampilan dan keahlian.

 “Pelatihan keterampilan sangat perlu diberikan kepada masyarakat. Yang pada akhirnya dapat menciptakan tenaga kerja yang memiliki skill, yang tentunya mempermudah masyarakat mendapatkan dan menciptakan lapangan pekerjaan,” tutur Agus Sartono

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua I DPRD Lamsel Agus Sartono, Ketua Komisi I Bambang Irawan dan Anggota Bayu Prasetyo, Dwi Riyanto, Kabid Ekonomi Dinas PMD Lamsel Sampoerno, Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Administrasi Pemerintahan Sidik, Camat Sidomulyo Rendi Eko Supriyanto, Kepala Desa, BPD, TPK Desa Se-Kecamatan Sidomulyo… (Oman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *