Camat Menilai : Bawaslu Lantik Sekdes dan Kaur desa Sebagai Panwascam, karena tidak adanya koodinasi

(pelitaekspres.com)-KALIANDA
Camat Kecamatan Way Panji Isro’ Abdi SE menilai bahwa dilantiknya Sekretaris desa (Sekdes) dan Kaur desa menjadi Panwascam dalam Pilkada 2020 karena tidak adanya koodinasi antara Bawaslu Lampung Selatan dengan pihak Kecamatan saat melakukan rekuitment.

Sebenarnya kalau pihak Bawaslu Lampung Selatan sejak dimulainya pendaftaran calon Panwascam dilakukan koordinasi atau pemberitahuan kepada pihak Kecamatan/desa hal seperti ini tidak akan terjadi ” Sekdes dan Aparatur desa tidak akan ikutan mendaftar kalo sebelumnya ada pemberitahuan dari Bawaslu tentang persyaratan calon Panwascam ” Kata Isro’ Abdi.

Pernyataan tersebut disampaikan Isro’ Abdi, Senin (23/12/2019) usai menghadiri pelantikan Panwascam Pilkada 2020 oleh Bawaslu di Negeri Baru Resort Kalianda Lampung Selatan.

Selain itu lanjut Isro’ Abdi, pihak Bawaslu juga dapat memeriksa berkas calon o pendaftar tentang persyaratanya serta Identitas peserta, nah kalau sudah seperti ini dan sudah dilantik bagaimana, untuk diketahui bahwa Sekdes/Kaur insentifnya sudah setara ASN Gol/IIa, dengan tujuan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat ” tutur Isro’ lagi.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi mengatakan, bahwa sebenarnya sasaran calon Panwascam Pilkada itu bukan terhadap para pegawai/ PNS tetapi peserta umum .

Namun demikian Bawaslu tidak dapat menerima apabila ada PNS/Pegawai/aparatur desa yang mendaftar, namun dengan persyaratan yang sudah ditetapkan ” tuturnya.

Adanya Sekdes/Kaur desa yang dilantik menjadi Panwas persyaratan yang harus diserahkan yakni surat pernyataan mengundurkan diri dari jabatanya ” Bawaslu ini kan sumber dananya dari APBD, begitu juga dengan Insentif Sekdes/Kaur desa, oleh karena itu harus memilih salah satu, Panwascam atau Sekdes/aparatur desa lainya, kalau tidak terpaksa kami PAW ” pungkasnya. (ade/Tia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *