Lestarikan budaya dan rasa sukur, Nelayan desa Suak lakukan Ruwat Laut

Para nelayan dan warga masyarakat desa Suak Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan melakukan ungkap rasa syukur dengan melaksanakan Ruwat Laut, Sabtu (25/01/2020) di pantai Keramat dusun Buatan desa setempat.
Dalam kegiatan Ruwat Laut tersebut dihadiri oleh Camat Kecamatan Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto, Kepala desa Suak juli Wahyudi, perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, Dinas Perikanan dan Kelautan, DPD HNSI Lampung, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Sidomulyo, para Nelayan, para kepala desa se Kecamatan Sidomulyo, serta warga masyarakat sekitarnya.
Kepala desa Suak Juli Wahyudi dalam keteranganya mengatakan bahwa, ruwat laut adalah salah satu bentuk rasa syukur para nelayan atas rejeki yang telah didapatnya, selain salah satu bentuk melestarikan budaya para nelayan didaerah ini ” tuturnya.
Kehadiran Dinas Pariwisata dan Dinas Perikanan dan kelautan adalah untuk mengenalkan potensi wisata pantai yang ada disini seperti pantai Clara, pantai Pandan, pantai Kramat, dan pantai Muara Indah, mudah mudahan dengan kehadiran Dinas Pariwisata dapat membantu dan mendorong kemajuan wisata pantai yang ada yang selama ini masih dikelola oleh para kaum muda , kedepan desa Suak.akan menjadi destinasi wisata pantai yang digemari oleh para wisatawan lokal dan asing.
Sedangkan untuk para nelayan kedepan kita akan melakukan penanaman budidaya Rumpon yang menjadi salah satu pakan ikan dengan bekerja sama dengan Bumdes Desa Suak, mudah mudahan dengan budidadaya Rumpon para nelayan tidak lagi harus mencari titik ikan beekumpul, tapi sudah disiapkan sehingga tangkapan ikan melimpah, nelayan akan semakin maju dan makmur ” tutur Juli lagi.
Kabid Dinas Pariwisata Lamsel, Poniran mengatakan bahwa, kegiatan Ruwat Laut menjadi salah satu tujuan wisata adat budaya yang harus di lestarikan. Sehingga dapat menarik para wisatawan. Sebagai perwakilan Pemkab Lamsel,  berharap agenda ruat laut dilaksanakan secara rutin di tahun mendatang.
“Ruat laut akhir-akhir ini jarang sekali dilaksanakan diwilayah. Kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin khususnya di wilayah kecamatan Sidomulyo,  kabupaten Lampung Selatan, karena ruat merupakan salah satu tujuan wisata,” ujarnya
Camat Kecamatan Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto mengatakan bahwa kegiatan aruwat Laut dapat digunakan  sebagai pemersatu masyarakat, suku dan adat budaya yang ada di  di desa Suak,  Kecamatan Sidomulyo.
“Kami sangat mendukung kegiatan Ruwat laut ini, selain ucap syukur, dan pelestarian budaya,  kegiatan seperti ini untuk mempererat persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat yang ada disini ” katanya.(ade-tia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *