Sebentar lagi rumah mbah Jiem akan direnovasi secara gotong – royong

SIDOMULYO-(wartaselatan.com)
Berangkat dari rasa keprihatinan dan kepedulian sosial antar sesama, pemerintah desa Sidowaluyo kecamatan Sidomulyo tergerak bersama warga dan para donatur, berencana melakukan bedah rumah bilik usang milik Mbah jiem (70) warga desa setempat

Kepala Desa Sidowaluyo Haroni menuturkan, Mbah jiem (70) merupakan Lansia, yang masuk dalam daftar warga tidak mampu yang kehidupan keluraganya cukup memprihatinkan.

Kondisi saat ini mbah Jiem tinggal bersama Suaminya yang telah pikun Sokimin (72) dan hanya bisa berbaring dan seorang anak perempuan pertamanya yang sedang sakit Sulastri (42).

” Karena usia telah lanjut, Pasutri tersebut tidak mampu lagi bekerja, dan untuk menopang kehidupan sehari-hari, keluarga Mbah jiem mengandalkan pemberian dari tiga orang anaknya yang telah berkeluarga ” tutur Haroni saat di temui dikediamannya, Rabu (03/06/2020).

Haroni melanjutkan, Mbah jiem dan keluarga selama puluhan tahun tinggal di rumah yang berukuran 5 x 10 meter beratap genting, berdinding geribik yang telah usang.

Ketiga anaknyapun yang berprofesi sebagai petani penggarap lahan dan buruh penggilingan padi sangat terbatas, keluarga sangat kesulitan untuk memperbaiki kondisi rumah agar sedikit lebih baik.

“Berangkat dari hal itu, kami (Pemdes) tergerak dan berencana akan melakukan penggalangan dana untuk melakukan perehapan rumah Mbah Jiem agar sedikit lebih layak untuk tempat tinggal” kata Haroni.

Bersukur kata Kepala Desa Sidowaluyo itu, langkah mereka pun dapat dukungan positif dari para warga dan donatur yang merasa terketuk hatinya.

” Alhamdulilah, langkah perehapan rumah tinggal keluarga Mbah Jiem ini dapat dukungan masyarakat, terlebih dari donatur pun ada yang bersedia memberikan bantuan,” Ucap Haroni.

Bukan hanya itu tambahnya, sebagai bentuk kehadiran pemerintah, Pemdes setempat pun telah mengusulkan Keluarga Mbah jiem sebagai salah satu diantara warga tidak mampu terdampak Covid-19 sebagai KPM BLT DD.

Ibaratkan gayung bersambut, langkah perehapan rumah tinggal Mbah jiem yang bilik dan usang itu pun mendapat respon dari Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lampung Selatan Agus Sartono. Yang juga langsung berkunjung di ke kediaman mbah jiem.

Dimana, Legislator dari Fraksi PAN merasa turut prihatin rasa kepedulian sosial kepada sesama merasa terpanggil untuk itu saya lansung berkoordinasi dengan kades setepat berencana akan memberikan sedikit bantuan kepada keluarga Mbah jiem untuk perehapan rumah tinggalnya. Ucap Agus Sartono.

” Ya, sehari sebelumnya, saya secara pribadi menyempatkan berkunjung ke kediaman Mbah jiem. Kondisi keluarga Mbah jiem memang layak mendapat perhatian. Mengingat hal tersebut kami bersama Pemdes setempat akan mengupayakan rumah tinggal keluarga Mbah jiem untuk dilakukan perehaban, agar sedikit lebih layak,” Terangnya

Sementara, Mbah Jiem (70) warga Desa Sidowaluyo, mengaku, beberapa hari belakangan dirinya kedatangan tamu berkunjung dikediamannya.

” Ya, mereka datang ada yamg memberi kasur tempat tidur, karpet dan sembako” katanya

” Kalo memang benar rumah saya mau di rehab ya saya mau dan saya sangat berterimaksih banyak, ” ujar Mbah jiem dengan senyum penuh harapan ” Pungkasnya. (*/Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *