Hj Winarni Nanang Ermanto lakukan Road Show sosialisasikan Stunting di Posyandu di Sidomulyo

SIDOMULYO-(wartaselatan.com)
Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan lakukan Road Show ke Posyandu sekaligus meresmikan gedung Posyandu Mawar 4 di Dusun Way Pelus, Desa Seloretno, Kecamatan Sidomulyo, Lamsel, Senin (20/7/2020).

Komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam mengentaskan angka Stunting hingga nol Persen yang di targetkan tiga tahun ke depan. Dalam Penanganan Stunting tidak main-main, hal tersebut ditunjukkan oleh Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto dengan melakukan Road Show ke Posyandu yang ada di Kecamatan Sidomulyo.

Dalam kunjungannya Winarni Nanang Ermanto ke Posyandu di tiga Desa yakni Desa Seloretno, Sidodadi, Sidorejo, kecamatan Sidomulyo, ikut serta dalam kegiatan tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), Anasrullah dan Kepala Bidang PAUD, Ahmadin, serta Kasi Kesehatan Gizi Keluarga, Dewi Yurniati.

Pada kunjungan di beberapa Posyandu di Kecamaran Sidomulyo, Hj. Winarni Nanang Ermanto beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sidomulyo Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka. UPT) Puskesmas (PRI) , Sidomulyo, dr. roky Sihombing, kapolsek Sidomulyo Aiptu Henky Darmawan, Danramil 421/07 Kapten INF, Paino, Kepala Desa se-Kecamatan Sidomulyo dan Ketua TP PKK se-Kecamatan Sidomulyo Berkomitmen Bersama dalam Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Sidomulyo

Pada kesempatan itu Hj.Winarni Nanang Ermanto mengatakan bahwasannya program swasembada gizi merupakan program yang bersifat gotong-royong untuk seluruh lintas sektor. Dimana menurutnya, semua pihak berkewajiban untuk bergerak bersama dalam mengentaskan stunting di Lampung Selatan dengan saling memperhatikan gizi anak-anak sejak dini.

“Anak-anak adalah tanggung jawab kita semua, baik masa sekarang maupun dimasa akan datang. Saya rasa tidak akan tuntas Stunting di Lampung Selatan tanpa kepedulian kita semua, untuk itu Program Swasembada Gizi ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat,” Ujarnya.

“Swasembada Gizi merupakan Program yang bersifat gotong royong lintas sektor, baik Pemerintah mulai dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten, jajaran TNI, Polri serta seluruh masyarakat terutama Lampung Selatan”, tuturnya.

Di jelaskan Winarni, ada Lima Program Swasembada Gizi, yakni diantaranya:

Layanan KIA (memastikan Ibu hamil mendapatkan layanan Kesehatan yang berkualitas di 1.000 hari kehidupan dan melahirkan di fasilitas kesehatan),
Layanan Gizi (seluruh Desa menyediakan Konsultasi Gizi di Posyandu dan memastikan masyarakat mengkonsumsi Gizi Seimbang),
Layanan Air Minum dan Sanitasi (memastikan masyarakat mengkonsumsi air minum yang sehat dan berkualitas serta memastikan masyarakat memiliki jamban sehat),
Layanan Sosial (dukungan Ekonomi Mandiri serta menggerakkan Kepedulian Sosial),
Layanan PAUD (mengedukasi para orang tua dan anak didik PAUD untuk berprilaku Gizi Seimbang serta menyediakan Makanan Bergizi di setiap layanan PAUD).

winarni juga menyampaikan bahwasanya dalam Program Swasembada Gizi sangat dibutuhkan kerjasama di setiap lintas sektor, sehingga program Swasembada Gizi dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menuntaskan Stunting di Lamsel. Ujarnya.

Dalam kesempatan itu Hj. Winarni mengunjungi posyandu Melati 5 desa Sidodadi, dan Posyandu kelas Ibu Hamil desa Sidorejo kecamatan Sidomulyo.

“Mari kita bersama-sama bekerja sama menuju Lampung Selatan bebas stunting dimasa mendatang, ” Pungkasnya.(ade-tia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *