DPRD Banyuasin, kunjungi Disdukcapil Lamsel


KALIANDA-( wartaselatan.com )

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Banyuasin melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (17/9/2020).

Rombongan anggota Komisi I yang berjumlah 10 orang itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, Sukardi serta didampingi Kepala Disdukcapil setempat, Saukani.

Kedatangan rombongan diterima Kepala Disdukcapil Lampung Selatan, Drs. Edy Firnandi, M.Si beserta jajarannya di Kantor Disdukcapil Lampung Selatan.

Dalam pertemuan itu, Kepala Disdukcapil Lampung Selatan, Edy Firnandi memaparkan sejumlah inovasi pelayanan terkait administrasi kependudukan yang sudah diterapkan.

Seperti Pelayanan Tatap Muka (Tamu), Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa (PAKDe), Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Online (Pake Oli), dan Pelayanan Tim 86.

Edy menuturkan, salah satu inovasi pelayanan yang menjadi perhatian anggota DPRD Kabupaten Banyuasin adalah program Pelayanan Pake Oli.

Ia menjelaskan, program Pake Oli merupakan program pelayanan administrasi kependudukan secara online dengan aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen administrasi kependudukan.

“Kalau dulu kita masih pakai aplikasi WhatsApp. Tetapi ada kendala, chat yang masuk banyak tertimpa. Sekarang kita pakai aplikasi berbasis web dengan mengakses pake-oli.lampungselatankab.go.id,” terang Edy dihadapan anggota Komisi I DPRD Banyuasin.

Ia menambahkan, dalam layanan Pake Oli itu, masyarakat bisa mendapatkan 10 jenis layanan adminsitrasi kependudukan secara online.

Seperti pembuatan KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Mutasi Penduduk, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perceraian, Akta Perkawinan, Perekaman KTP-el, dan Update Data kependudukan.

“Jadi masyarakat cukup mengajukan dokumen dari rumah. Ini juga untuk mengurangi kerumunan ditengah pandemi Covid-19. Kalau berkas semua lengkap nanti ada notifikasi yang masuk ke WhatsApp atau email pemohon untuk mengambil berkasnya,” paparnya.

Sementara, pimpinan rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Banyuasin, Sukardi mengatakan, kedatangan rombongan diakuinya dalam rangka belajar dengan Disdukcapil Kabupaten Lampung Selatan terkait pelayanan administrasi kependudukan.

“Kita sengaja berkunjung dalam rangka sharing ilmu dan belajar mana yang terbaik yang bisa diterapkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya dalam pelayanan administasi kependudukan. Karena hari ini segala sesuatu kebutuhan pendidikan, kesehatan dan lain-lain semua basisnya ada di KTP,” ujar Sukardi.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, kunjungan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Sebab kata dia, dalam pertemuan tersebut banyak ilmu yang didapat dan diterapkan di Kabupaten Banyuasin.

“Alhamdulillah hari ini kami dapat ilmu yang luar biasa. Dan kami berharap nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Banyuasin, sehingga lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat terkait pelayanan adminsitasi kependudukan,” katanya.

Sukardi mengaku banyak pengetahuan yang bisa diambil dan akan diaplikasikan kedepannya. Diantaranya Pelayanan Adminsitrasi Kependudukan secara Online (Pake Oli).

Ia juga berharap, kedepan hasil pertemuan ini menjadi acuan bagi Kabupaten Banyuasin, agar melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan sistem yang sama dengan Lampung Selatan.

“Di Banyuasin juga sudah diterapkan, hanya belum maksimal. Makanya kita belajar, tadi sudah dipaparkan cukup luar biasa. Dimana masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil, dari rumah sambil duduk sudah clear. Datang serahkan berkas tinggal ambil data yang dimaksud. Itu yang kita ingin contoh,” tandasnya.

Sementara pertemuan itu ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, Sukardi kepada Kepala Disdukcapil Lampung Selatan, Edy Firnandi. (kmf-ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *