Hari Pertama Sidang, Tim Advokasi Hi-Mel bacakan Gugatan, KPU Bacakan Jawabanya

KALIANDA-( warta selatan.com )

Sidang perdana sengketa gugatan antara pemohon Tim Advokasi Hipni – Melin dan KPU Lampung Selatan digelar, Rabu (30/09/2020) di Kantor Bawaslu Lamsel.

Dalam sidang perdana ini, Tim Advokasi dan Bantuan Hukum Hipni-Melin yang dipimpin oleh Amri Sohar, diberikan kesempatan pertama untuk membacakan gugatanya.

Dalam isi gugatanya Amri Sohar membacakan hasil rapat pleno penetapan calon bupati-wakil bupati Lampung Selatan pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 yang digelar oleh KPU setempat pada 23 September 2020 lalu.

Dalam rapat pleno tersebut KPU Lampung Selatan Hanya menerapkan satu pasangan calon yakni Nanang Ermanto dan Pandu Kusuma Dewangsa, sedangkan pasangan Hipni-Melin dinyatakan tidak memenuhi syarat, dikarenakan Melin tersandung masalah hukum.

Usai sidang Amri Sohar, kepada awak media menjelaskan bahwa, dalam rapat pleno KPU yang tidak mengesankan pasangan Hipni – Melin sebagai calon bupati-wakil bupati Lampung Selatan pada Pilkada 2020 adalah hal yang keliru dan tidak tepat ” Tuturnya.

Menurutnya status ibu Melin dalam perkara tersebut tidak menjalankan hukuman badan, atau kurungan melainkan hukuman percobaan, oleh karena itu saya berharap pihak Bawaslu dapat menganulir putusan KPU ” Tuturnya.

Pada sidang lanjutan (hari ini red*) pihaknya akan membawa bukti bukti yang diperlukan, dan juga sudah mempersiapkan saksi ahli ” Pungkasnya.

Ditempat yang sama, pihak KPU yang diwakili oleh Divisi Hukum dan sengketa Mislamudin, mengatakan bahwa, dalam sidang tersebut pihaknya menyampaikan hal hal yang berkaitan dengan keputusan hasil penetapan rapat pleno KPU tentang penetapan calon bupati dan wakil bupati .

Dan untuk sidang berikutnya, pihaknya juga telah mebyiapkan alat bukti yang diperlukan, bahkan juga telah menyiapkan saksi ahli dalam perkara ini ” Ujarnya. (cak ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *