Atas putusan Bawaslu, KPU akan berkonsultasi dengan KPU Propinsi dan KPU-RI

KALIANDA-( warta selatan.com )

KPU Lampung Selatan masih akan melakukan konsultasi dengan KPU Propinsi Lampung dan KPU RI, atas keputusan Bawaslu setelah dikabulkanya semua gugatan pemohon / Tim Advokasi dan Bantuan Hukum bakal calon bupati dan wakil bupati Lampung Selatan Hipni SE dan Melin, Minggu (04/10/2020).

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Lampung Selatan Mislamudin, kepada media ini mengatakan bahwa pihaknya sangat menghormati putusan yang telah ditetapkan oleh Bawaslu dalam sidang /musyawarah terbuka atas gugatan yang disampaikan oleh Tim Advokasi dan Bantuan Hukum, bakal calon bupati dan wakil bupati Lampung Selatan Hipni – Melin.

Namun demikian sesuai dengan peraturan yang ada pihaknya masih punya waktu 3 hari apabila akan melakukan upaya selanjutnya

” Kami sangat menghormat putusan yang telah ditetapkan oleh Bawaslu dalam sidang /musyawarah terbuka, namun demikian pihaknya masih akan melakukan konsultasi dengan KPU Propinsi Lampung dan KPU RI ”

Dari hasil konsultasi itu nantinya kami akan menentukan langkah-langkah selanjutnya ” Tutur Mislamudin.

Hal lain juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Lampung Selatan, yang juga sebagai ketua Musyawarah dalam perkara ini, mengatakan bahwa, setelah putusan ini, ada waktu 3 hari bagi KPU Lampung Selatan untuk menentukan langkah selanjutnya

” Ada waktu 3 hari bagi KPU Lamsel untuk melakukan upaya selanjutnya atas putusan Bawaslu “

Dan kalau tidak ada upaya lain, maka KPU segera melakukan pembatalan atas keputusan rapat pleno pada tanggal 23 September 2020 yang tidak menetapkan pasangan calon bupati Lampung Selatan Hipni-Melin Haryani Wijaya dan segera menerbitkan keputusan penetapan calon bupati dan wakil bupati Hipni-Melin Haryani Wijaya yang diusung oleh partai Gerindra (7 Kursi) PAN (7 Kursi) dan PKB (4 kursi) ” Tuturnya.

Untuk diketahui bahwa dalam Petikan Keputusan Bawaslu Lampung Selatan Nomor Register 001/PS-Reg/ 18.1803/IX/2020 memutuskan

  1. Mngabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya.
  2. Membatalkan keputusan ketua KPU Lamsel Nomot 60/HK.03.1-kpt/1801/KPU-KAB/IX/2020 tanggal 23 September 2020, Berita Acara Nomor 60/PL-02,3-BA/03/KPU-Kab/IX/2020 tanggal 23 September 2020 dan Berita Acara Nomor 06/PL-02.3-BA/03/KPU-Kab/IX/2020 tanggal 23 September 2020, yaitu pada frasa Tidak menetapkan Bakal Pasangan Calon Hipni – Melin Haryani Wijaya yang diusung oleh partai Gerindra (7 kursi) PAN (7 kursi) dan PKB (4 kursi) sebagaimana tercantum dalam Berita Acara Model BA-HP Perbaikan-KWK karena tidak memenuhi syarat calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Lampung Selatan tahun 2020.
  3. Memerintahkan kepada termohon untuk menerbitkan Keputusan yang menetapkan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupat Hipni SE dan Melin Haryani Wijaya SE MM yang diusung oleh partai Gerindra (7 kursi) PAN (7 kursi) dan PKB (4 kursi) sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati pada pemilihan bupati-wakil bupati Kabupaten Lampung Selatan tahun 2020. (tia-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *