Pemkab Lamsel terima 2 Penghargaan dari Menkes RI di HKN


KALIANNDA-( warta selatan.com )

Tepat di Hari Kesehatan Naional (HKN) ke-56 tahun 2020, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memberikan penghargaan kepada individu/tokoh/lembaga yang telah berperan dalam mendukung pembangunan kesehatan.

Pada HKN ke-56 kali ini, Lampung Selatan meraih 2 kategori penghargaan sekaligus. Pertama, kategori Koordinasi Lintas Sektor Dalam Penyelenggaraan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) yang diraih Posbindu PTM Cinta Sehat.

Kedua, kategori Kepala Daerah bupati/walikota yang terlibat meningkatkan pelayanan dan pembangunan kesehatan khususnya sebagai pembina Posbindu PTM.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto secara virtual kepada masing-masing penerima melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dari pihak Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM, didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto, S.Sos, MM, menerima penghargaan itu dari Aula Rajabasa kantor bupati setempat, Kamis (12/11/2020).

Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, dr. Jimmy Banggas Hutapea, MARS, Kepala UPT Puskesmas Way Urang, Kepala Desa Gunung Terang, serta Kader Posbindu PTM Cinta Sehat Desa Gunung Terang Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda.

Kepala Seksi (Kasi) Penyakit Tidak Menular, Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Ridwansyani menjelaskan, Kabupaten Lampung Selatan menjadi salah satu kabupaten/kota dari 15 provinsi di Indonesia yang meraih penghargaan Posbindu PTM.

Dia menyebut, untuk tanda penghargaan Posbindu PTM Tahun 2020 terdapat tiga kategori yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan. Masing-masing kategori ada lima provinsi.

Kategori pertama yaitu, kategori Keaktifan Penyelengaraan Posbindu PTM, lalu kategori Inovasi dan Integrasi Kegiatan Posbindu PTM, dan selanjutnya kategori Koordinasi Lintas Sektor Dalam Penyelenggaraan Posbindu PTM.

“Lampung Selatan masuk kategori Koordinasi Lintas Sektor Dalam Penyelenggaraan Posbindu PTM,” terang Ridwansyani mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan dr. Jimmy Banggas Hutapea, MARS ditemui di Aula Rajabasa disela acara.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Kabupaten Lampung Selatan menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang menerima penghargaan tersebut.

“Provinsi Lampung sendiri mengirimkan banyak Posbindu PTM ke Kementerian Kesehatan. Setelah diseleksi Posbindu PTM Cinta Sehat binaan Puskesmas Way Urang yang terpilih. Mereka menilai ada kelebihan dan keterlibatan lintas sektor yang baik disitu,” ungkapnya.

Selain Posbindu PTM Cinta sehat, Kementerian Kesehatan juga memberikan penghargaan kepada Bupati Lampung Selatan yang terlibat meningkatkan pelayanan dan pembangunan kesehatan khususnya sebagai pembina Posbindu PTM.

“Karena Posbindu-nya dapat penghargaan bupatinya juga mendapat penghargaan. Jadi kepala daerah itu punya andil yang besar dalam pembinaan Posbindu PTM di daerahnya,” pungkasnya. (kmf-ck)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *