Pasiter Kodim 0421/LS, Hadiri Rapat Pleno di KPU Lamsel

KALIANDA-(wartaselatan.com)

Komisi pemilihan umum (KPU) Lampung Selatan menggelar rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan periode januari tahun 2021 , Kamis (4/2/2021) yang diselenggarakan di Kantor KPU setempat. 


Hadir dalam rapat tersebut Ansurasta RZ (Ketua KPU Lamsel) , Hendra Apriansyah (Komisioner KPU Lamsel) , Asma Emilia (Komisioner KPU Lamsel) , Irsan Didi (Komisioner KPU Lamsel) , Marten.H (Kabid Discapil Lamsel) , Kapten Inf M.Nurdin (Pasiter Kodim 0421/LS) , Tri (Kabid Politik dan Kewasbang Kesbangpol Lamsel) serta Ipda Sueb suhendra (KBO Intel Polres).


Dalam sambutannya  Ansurasta RZ (Ketua KPU Lamsel) menjelaskan “Berdasarkan ketentuan surat edaran Komosi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor : 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 tanggal 28 februari 2020 perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan , KPU Kabupaten Lampung Selatan telah melakukan rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan tahun 2021 periode bulan januari dengan jumlah pemilih sebanyak 704.641 dengan perincian pemilih laki-laki : 359.356 pemilih dan pemilih perempuan : 345.285 yang tersebar di 17 kecamatan dilamsel”.jelasnya.
Lebih lanjut lagi “pemutakhiran data lanjutan di lakukan guna mempernudah untuk pemilihan lanjutan , rapat pleno ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan KPU dengan berkordinasi dengan pihak terkait untuk memperoleh data yang akurat”.ujarnya.
Lanjutnya “agenda ini dilaukukan setiap bulan ditingkat Kabupaten dan selanjutnya akan dilakukan ditingkat provinsi setiap 3 bulan dan berkordinasi  dengan Dinas catatan sipil untuk melakukan pemutakhiran data seperti data orang yang pindah domisili dan pemilih awal”.tutupnya.
Sementara itu Asma Emilia (Komisioner KPU Lamsel) juga menjelaskan “data yang kita miliki saat ini masih belum kita perbaharui dan kedepannya akan kita masukkan lagi data terbaru sesuai KTPL (Kartu Tanda Penduduk Elektronik)”.ujarnya.
Lebih lanjut “ada data pemilih baru yang sudah di perbaharui oleh KPU sebanyak 704.641 dengan perincian pemilih laki-laki sejumlah 359.356 orang pemilih dan pemilih perempuan sejumlah 345.285 orang pemilih”.terangnya.
Lanjutnya “lotensi pemilih baru sebanyak 458 orang ,pemilih laki-laki 231orang dan pemilih perempuan perempuan sebanyak 227 orang , sementara itu potensi pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 184 orang ,pemilih laki-laki sebanyak 121 orang dan perempuan sebanyak 63 orang”.tutupnya.
Kapten Inf.M.Nurdin dalam ungkapannya mengatakan “kami dari satuan kodim 0421/LS mengharapkan agar hubungan dalam kerjasama dengan pihak KPU lamsel tetap berlangsung secara baik , sehingga apapun yang akan kita bahas dalam kegiatan rapat rapat tertentu kedepan dapat kita pecahkan secara bersama sama , terutama untuk menghitung jumlah pemilih karena pasti ada perubahan , agar semua data yang kita miliki benar benar sama dan akurat tidak terjadinya simpang siur antar instansi tentang jumlah data pemilih dilamsel “.pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *