Babinsa 421-07/SDM, Lakukan pengecekan Debit Air di Sungai Way Katibung

CANDIPURO-( wartaselatan.com )


Anggota Babinsa Koramil 421-07/SDM, melakukan pengecekan air Sungai Way Katibung didesa Sinar Pasemah Kecamatan Candipuro, Sabtu (13/2/2021).

Para personil yang melakukan pebgecekan debit air di Sungai Way Katibung ini adalah Pelda Andiman dan Sertu Arlin bersama pamong desa setempat.

” Pengecekan debit air di Sungai Way Katibung ini dilakukan setelah beberapa hari terahir didaerah terjadi hujan lebat, yang mengakibatkan pukuhan hektar sawah terendam banjir ” Kata Pelda Andiman mewakil Danramil 421-07/SDM Kapten Kav. Henri Limbong kepada media ini.

Dari hasil monitor yang dilakukan lanjut Andiman, ketinggian air di Sungai tersebut hampir sama dengan jalan, sedangkan yang menggenangi area pesawahan warga yang sudah ditanami padi berumur 15-30 hari ini mencapai 20-60 cm ” t

Akibat musibah ini, tanaman padi milik warga berpotendi mengalami kerusakan, sehingga para petani akan menderita kerugian biaya yang telah dikeluarkan mencapai Rp.2-3 juta perhektar “pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun dilapangan bahwa, ketinggian air hingga menggenangi area pesawahan warga ini, berasal dari dua sungai yakni, Sungai Way Katibung dan Sungai Way Sulan. Kejadian seperti ini sudah menjadi agenda tahunan setiap musim penghujan/ musin tanam. Oleh karena itu meminta pihak terkait bersama pemerintah agar mencarikan solusi agar kejadian ini tidak terjadi lagi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *