BPBD Lamsel Berikan Pembekalan Relawan Destana di Desa Banding-Rajabasa

RAJABASA (wartaselatan.com) –

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan, memberikan pembekalan ikhwal Asessmen Tanggap Darurat Bencana, terhadap para relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Banding, Kecamatan Rajabasa.

Kegiatan pembekalan yang berlangsung dengan mematuhi Prorokol Kesehatan (Prokes), di Balai Desa Banding Selasa (21/9/2021), oleh Tim Bidang Pencegahan dan Kesiapan Siagaan BPBD Kabupaten Lampung Selatan itu, dihadiri para relawan Destana Desa Banding, dan aparatur desa setempat.

Instrukrur First Aider Provinsi Lampung Sandro mengatakan, beberapa materi pelatihan yang disampaikan olehnya, kepada para relawan Destana di Desa Banding, Kecamatan Rajabasa.

Adapun materi yang disampaikan sambung Sandro, selain Asessmen Tanggap Darurat Bencana, diantaranya dia menyebutkan, pelatihan medis, Resusitasi Jantung Paru (RJP), mengenal macam-macam luka, pembalutan luka, pembidaian dan teknik evakuasi dan pertolongan kepada korban.

” Materi pelatihan, pertama asessmen bencana, RJP. Kemudian, mengenal macam-macam luka, pembalutan, pembidaian dan tekhnik evakuasi pertolongan pertama,” sebut Sandro, Selasa 21 September 2021, kepada wartaselatan.com, usai kegiatan.

Lebih lanjut Sandro menjelas, pelatihan tersebut merupakan sebuah pembinaan terhadap para relawan Destana di Desa Banding, Kecamatan, Rajabasa. Bertujuan, untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di wilayah pesisir pantai yang pernah dilanda musibah bencana alam gempa dan tsunami.

” Contohnya Desa Banding ini. Yang pernah mengalami musibah tsunami dan gempa. Melalui pelatihan ini, masyarakat diharapkan memiliki bekal tentang kesiap siagaan pribadi maupun keluarga dalam menghadapi bencana,” jelasnya.

Dia mengatakan, setelah menerima pembekalan, para relawan diharapkan agar mampu memberikan pertolongan secara luas, kepada masyarakat yang membutuhkan.

” Harapan saya kedepanya khsususnya kepada pemerintah daerah dan pemerintah desa, untuk dapat membuat suatu angaran, yang bisa disiap siagakan, untuk penanganan bencana dan pembinaan berkelanjutan, kepada para relawan Destana yang telah mendapat pembinaan. Sehingga para relawan bisa menjadi tim khusus bencana andalan di desa,” harapnya.

Sementara, Pj. Kepala Desa Banding Fakhrur Rozi mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik, atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap kepada para relawan, untuk dapat menyerap materi pembekalan yang disampaikan oleh Instruktur secara maksimal.

Sehingga, para relawan mendapat wawasan yang bermanfaat dalam kesiap siagaan untuk mencegah atau ketika menghadapi suatu peristiwa bencana.

” Sehingga dapat melindungi dirinya, keluarga bahkan orang lain. Diharapkan para relawan juga mampu berperan aktif di tengah masyarakat desa,” pungkasnya. (Yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *