DPMD Lamsel, Gelar Simulasi Tatacara Pemilihan, Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkades di TPS di Era Pandemi

KALIANDA (wartaselatan.com) –

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan, menggelar Simulasi tata cara Pemilihan, Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pada kegiatan pemilihan Kepala Desa serentak gelombang I, di Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan Simulasi dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat tersebut, di selenggarakan di Desa Hara Banjar Manis, Kecamatan Kalianda, Senin (18/10/2021).

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas (Kadis) PMD Lampung Selatan Rohadian beserta jajaran, Camat Kalianda Zaidan, SE, Danramil 04 /Kalianda Kap. Infantri Tarekat, Kapolsek Kalianda AKP. Mulyadi Yakub, dan seluruh Kepala Desa penyelenggara Pilkades serentak gelombang I se-Kecamatan Kalianda. Turut hadir menyaksikan, perwakilan para tokoh dan masyarakat sekitar.

Kadis PMD Kabupaten Lampung Selatan Rohadian menjelaskan, adapun maksud dan tujuan di gelarnya kegiatan tersebut, merupakan langkah persiapan oleh DPMD Lamsel, guna menyambut pelaksanaan perhelatan demokrasi Pilkades serantak gelombang I periode 2021-2017 di Kabupaten Lampung Selatan.

Upaya tersebut kata dia, sekaligus sebagai media untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada panitia penyelenggara Pilkades dan masyarakat pemilih, tentang tata cara pemilihan, pemungutan dan perhitungan suara di TPS di era pandemi yang sesuai alur, demi mencegah timbunya klaster baru. Agar, optimalanya penyelenggaraan, dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat.

” Maksud dan tujuan di gelarnya, Simulasi tata cara pemilihan, pemungutan dan penghitungan suara di TPS, pada kegiatan pemilihan Kepala Desa serentak gelombang I ini. Dalam rangka bagaimana, supaya nanti baik panita ataupun pemilih, untuk bisa betul-betul melaksanakan, dengan tetap menerapkan, mematuhi, mentati Prokes ketat. Ini yang paling penting,” ujarnya kepada wartaselatan.com, usai kegiatan, Senin 18 Oktober 2021.

Menurut Rohadian, dengan adanya Simulasi tersebut ia berharap, pelaksanaan Pilkades serentak gelombang I di masa pandemi di Kabupaten Lampung Selatan, dapat berjalan lancar dengan hadirnya sebuah kenyamanan, baik dari panitia ataupun pemilih yang hadir di TPS. Dengan demikian ia berharap, para pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya di TPS. Dalam rangka menentukan pemimpin desa yang berkualitas lima tahun kedepan.

” Pentingnya simulasi ini, untuk proses pembelajaran sekaligus proses menyebarkan informasi kepada desa-desa penyelenggara Pilkades di Lamsel. Agar dapat betul-betul melaksankan tata cara, pemilihan, pemungutan dan penghitungan surat suara di tps. Dalam rangka pemilihan kepala desa serentak,” katanya.

Lebih lanjut ketika ditanya tentang jadwal penyelenggaraan Pilkades serentak gelombang pertama tahun 2021 di Lampung Selatan, Rohadian mengatakan, ” Kita berharap ya. Dan mengimbau insyaallah pemungutan suara akan kita laksanakan di tanggal 28 Oktober 2021 ini. Kita berharap kepada masyarakat, agar betul-betul hadir menggunakan hak pilihnya dan mendukung serta mensukseskan Pilkades. Sehingga, di desa dapat menghasilkan kepala desa terpilih nanti, yang betul-betul sesuai harapan masyarakat,” pungkasnya.(Pra/Yan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *