KUPTD Pertanian Candipuro, Diduga Gelapkan Bantuan Sapi

0
3516

CANDIPURO-(Wartaselatan.com

Bantuan sapi kepada dua kelompok tani di Kecamatan Candipuro, diduga tidak diterima utuh oleh penerimanya.

Dari penelusuran di lapangan, pada tahun 2015, kelompok tani yang mendapatkan bantuan masing-masing 10 ekor sapi yakni Margo Makmur II Desa Beringin Kencana yang dan Kelompok Tani Jaya Makmur Desa Banyumas.

Ketua Kelompok Tani Margo Makmur II  Saridi (46) mengatakan, kelompoknya mendapatkan bantuan UPPO sebanyak 10 ekor sapi. Sembilan sapi betina dan satu sapi jantan. Namun sapi jantan sudah diminta dari awal oleh KUPTD-PPP kecamatan setempat.

“Selang berapa bulan kita dapat bantuan program UPPO, sapi jantan diminta Bu Ugi (Kepala UPTD PPP),” ujar Saridi, Selasa (11/10/2022) 

Saridi juga menambahkan, sapi bantuan tersebut tinggal 8 ekor, karena 1 ekor mengalami sakit dan kemudian mati. Sapi-sapi tersebut kemudian dipelihara dengan sistem gaduh ditempat adiknya dan di dua tempat lainnya.

“Kalo ngomong jujurnya kayak gini, waktu kita mau dapat, tapi yang satu keluar diminta. Seumpama istilahnya terus kita harus disuruh beli sapi lagi, ya kita sudah bisa sekarang, tapi ngomong sekarang”. Imbuhnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh ketua Kelompok Tani Jaya Makmur Desa Banyumas Mu’alimin, dirinya membenarkan adanya bantuan UPPO sebanyak 10 ekor sapi, dirinya juga menjelaskan adanya 1 ekor sapi jantan bantuan UPPO itu yang diminta oleh KUPTD-PPP setempat.

Bantuan tersebut diterima pada bulan Agustus tahun 2015 dan sapi jantannya diambil sekitar bulan April 2016. Artinya sekitar 8 bulan setelah bantuan itu diberikan. 

“Itu sih bahasanya gimana ya, kebijakanlah itu,” kata Mu’alimin.

Mu’alimin juga memaparkan, sisa 9 ekor sapi betina yang berada di kelompoknya juga turut di gaduhkan. Namun tetap dalam satu lokasi, dengan sistem bagi hasil. 

“Saya sih terus terang jujur sama Sekretaris, bendahara dan anggota semua mengetahuinya. Jika sapi jantan bantuan itu diminta, setelah hampir 8 bulanan lah, kalo di tanya katanya (Bu Ugi) ngaku aja sapinya ada di bapak,” imbuhnya.

Saat di konfirmasi di ruang kerjanya, KUPTD-PPP Legiyem S.PKP.MM, yang biasa disapa Bu Ugi membenarkan adanya bantuan dari program UPPO itu kepada Kelompok Tani Margo Makmur II Desa Beringin Kencana dan Kelompok Tani Jaya Makmur Desa Banyumas. 

“Itu punya kita dari pertanian, ya masih ada, cuman ya itu tadi, itukan UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik) sasaran tujuannya itu pupuk organik, mau betina mau jantan mau berapa itu tergantung kelompoknya,” terang Bu Ugi.

Bu Ugi juga menjelaskan, terkait bantuan berupa sapi itu masih berada di kelompok tani yang mendapatkan bantuan program UPPO tersebut. 

“Iya masih, ya tempat pak Saridi, kan ada penyuluhnya, yang di desa kan penyuluhnya namanya Agung, nanti saya cek pak lain kali,” pungkasnya (Pra/Red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini