Pemdes Kotadalam, Gelar MusrenbangDes Tahun 2023/2024

0
230

SIDOMULYO-(wartaselatan.com)

Pemerintah Desa Kota Dalam Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, menggelar Musyawarah Renc1ana Pembangunan Desa (Musrenbang-Des) tahun anggaran 2023-2024, Rabu (9/11/2022) di aula desa setempat.

Hadir dalam giat tersebut, Camat Sidomulyo Erman Suheri, Kades Kota Dalam Ariyanto, KUPTD Puskesmas Sidomulyo Bambang Priyanto, KUPTD Pajak Sidomulyo Ni Ketut Sri Astini, Bhabinkamtibmas Iptu. Maulana Sukma, Babinsa Peltu. Sarino, KUPTD Pasar Sidomulyo Sidik, Ketua BPD Desa Kota Dalam M. Nasir, seluruh perangkat desa serta puluhan masyarakat desa Kota Dalam yang turut menghadiri acara tersebut.

Dalam kegiatan itu, Camat Sidomulyo Erman Suheri memaparkan, peraturan Kemendes Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023.

“Musrembang-Des ini adalah yang kedua saya hadiri di kecamatan Sidomulyo, tadi pagi di desa Bandar Dalam dan sekarang di desa Kota Dalam, merucut kepada peraturan Kemendes Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023”. Paparnya.

Erman Suheri juga menambahkan, terkait Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023 untuk penerima manfaat tetap ada dengan ketetapan maksimal 25%, namun dengan kriteria tertentu, tidak lagi yang terdampak Covid-19.

“BLT-DD tetap ada tapi maksimal hanya 25% dimana sebelumnya 40%, kemudian kriterianya bukan lagi yang terdampak Covid melaikan kemiskinan ekstrem, yang pertama adalah keluarga miskin yang penghasilannya 1 bulan dibawah Rp. 500.000,- yang kedua didalam rumah tangga itu ada yang memiliki penyakit kronis, yang ketiga rumah tangga tunggal (sebatang kara), dan kriteria selanjutnya ada keluarga yg difabel (cacat)”. Imbuhnya.

Masih dalam rangkaian kegiatan, Kepala Desa Kotadalam Ariyanto juga menjelaskan, MusrembangDes Perdana yang dilaksanakannya.

“ini MusrenbangDes pertama saya menjabat, alhamdulilah tadi telah kita paparkan semua usulan-usulan dari masyarakat, mudah-mudahan di tahun depan ada kegiatan-kegiatan yang dapat terealisasi”. Ungkapnya.

Ariyanto juga menegaskan, Program Prioritas di desa yang di pimpinnya itu, untuk tahun 2023 berada di dusun 5 desa Kota Dalam, terhambat karena Pandemi Covid-19 selama 2 tahun yang melanda Negeri kita tercinta.

“Program prioritas untuk tahun 2023 masih di dusun 5, kita ada fisik namun terhambat karena Covid selama 2 tahun, tidak ada pembangunan dan itu masih tersisa sekitar 200 meter cor beton berikut TPT”. Pungkasnya.

Adapun peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 antara lain :

  1. Pemulihan ekonomi nasional, meliputi penanganan kemiskinan ekstrem BLT-DD maksimal 25%.
  2. Bantuan modal Bumdes, bagi yang Bumdesnya sehat / indikatornya punya PAD, bagi yang Bumdesnya tidak berjalan maka di Restrukturisasi.
  3. Ketahanan pangan hewani, dirancang untuk penanganan inflasi.
  4. Stunting, meliputi dana operasional tim TPPS, honor KPM, Posyandu, Bantuan PMT untuk 3 bulan, layanan pembelian Antropometri, pembuatan atau pemeliharaan kolam, kandang (lumbung gizi desa).
  5. Operasional Pemdes.
  6. Desa Wisata, meliputi UMKM, Ekonomi kreatif, penganggaran sarana prasarana pendukung.
  7. Digitalisasi Desa, web smart village, operasional hosting, hardware.
  8. Perluasan akses kesehatan, rehab atau pembuatan rumah sehat desa (RDS), Poskesdes, Posyandu dll.
  9. Perbaikan data SDGs, meliputi input data SDGs dan update data.
  10. Mitigasi bencana alam dan non alam, ditambah swasembada sekolah. (Ade/Pra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini