Pembangunan Infratrukrur, Masih menjadi Skala Prioritas Dalam MusrenbangDes Desa Sukamaju TA 2023

0
190

SIDOMULYO-(wartaselatan.com)

Pemerintah Desa Sukamaju Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) Tahun 2023, Selasa (15/11/2023) sekira pukul 13.30 WIB bertempat di aula desa setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sidomulyo Erman Suheri diwakili Kasi Ekobang Kecamatan Sidomulyo Wayan Santia, Kepala Desa Sukamaju Beserta Jajaran, Forkopincam Kecamatan Sidomulyo, Bhabinkamtibmas Desa Sukamaju Brigpol Dwi Suwandi, Babinsa Desa Marhadan serta puluhan masyarakat yang mengikuti giat tersebut.

Dalam giat tersebut, Kepala Desa Sukamaju Absorihim memaparkan, program prioritas yang di usulkan kepada dinas Pekerjaan Umum (PU) dalam MusrenbangDes tersebut adalah pembangunan infrastruktur yang berada di dusun I menuju Dusun V, serta akses penghubung dari dusun V sukamandi menuju Dusun VI Sukajadi.

“Program Prioritas yang kita usulkan kepada dinas terkait dalam MusrembangDes kali ini adalah pembangunan insfrastruktur yang berada di dusun I tembusan ke dusun V sukamandi sejauh 1800 meter dan dari dusun V sukamandi menuju dusun VI Sukajadi”. Paparnya.

Absorihim juga menyampaikan, terkait pembangunan yang akan menjadi skala prioritas menggunakan anggaran Dana Desa, akan direalisasikan untuk seluruh dusun yang ada di desa itu.

“Sedangkan untuk Dana Desa kita prioritaskan juga pada pembangunan yang sempat tertunda, InsyaAllah di semua dusun akan kita bangun”. Ucapnya.

Masih dalam rangkaian kegiatan tersebut, Kepala desa Sukamaju itu juga menjelaskan, terkait capaian MusrembangDes pada tahun sebelumnya ialah terealisasinya pembangunan infrastruktur sepanjang 2170 meter di dusun 2, dimana jalan tersebut menjadi akses penghubung antara dua desa, yakni Desa Sukamaju dan Desa Sidowaluyo.

“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat, tanpa doa serta dukungan dari masyarakat tidak akan terealisasi, terlebih saya ucapkan terimakasih banyak kepada bapak bupati yang telah merealisasikan usulan dari kami, dulu jalan itu sepi tapi saat ini sudah terpantau ramai, terimakasih pak bupati”. Jelasnya.

Absorihim juga menerangkan, Menurut Permendes nomor 8 tahun 2022, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023 maksimal 25% dengan kriteria Ekstrem.

“Dan untuk BLT-DD tahun 2023 ada yang berbeda, dimana tahun kemarin besarannya 40% untuk tahun 2023 maksimal penyalurannya hanya 25% dan itu juga dengan kriteria ekstrem, meliputi keluarga miskin yang penghasilannya 1 bulan dibawah Rp. 500.000,- serta didalam rumah tangga itu ada yang memiliki penyakit kronis, kemudian rumah tangga tunggal (sebatang kara) dan kriteria selanjutnya ada keluarga yg difabel (cacat)”. Tutupnya.

Adapun yang meliputi peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 antara lain :

  1. Pemulihan ekonomi nasional, meliputi penanganan kemiskinan ekstrem BLT-DD maksimal 25%.
  2. Bantuan modal Bumdes, bagi yang Bumdesnya sehat / indikatornya punya PAD, bagi yang Bumdesnya tidak berjalan maka di Restrukturisasi.
  3. Ketahanan pangan hewani, dirancang untuk penanganan inflasi.
  4. Stunting, meliputi dana operasional tim TPPS, honor KPM, Posyandu, Bantuan PMT untuk 3 bulan, layanan pembelian Antropometri, pembuatan atau pemeliharaan kolam, kandang (lumbung gizi desa).
  5. Operasional Pemdes.
  6. Desa Wisata, meliputi UMKM, Ekonomi kreatif, penganggaran sarana prasarana pendukung.
  7. Digitalisasi Desa, web smart village, operasional hosting, hardware.
  8. Perluasan akses kesehatan, rehab atau pembuatan rumah sehat desa (RDS), Poskesdes, Posyandu dll.
  9. Perbaikan data SDGs, meliputi input data SDGs dan update data.
  10. Mitigasi bencana alam dan non alam, ditambah swasembada sekolah. (Ade/Pra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini