spot_img
Selasa, November 29, 2022
spot_img
spot_img
BerandaLampung SelatanHaroni : Insfrastruktur Menjadi Program Prioritas MusrembangDes Tahun 2023 Desa Sidowaluyo.

Haroni : Insfrastruktur Menjadi Program Prioritas MusrembangDes Tahun 2023 Desa Sidowaluyo.

-

SIDOMULYO-(wartaselatan.com)

Pemerintah Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) Tahun Anggaran 2023 bertempat di Aula desa setempat. Jumat (18/11/2022).

Hadir Dalam Giat Tersebut, Camat Sidomulyo Erman Suheri Diwakili Sekcam Sidomulyo Ruris Apdani, Kapolsek Sidomulyo Ilham Efendi, Kades Sidowaluyo Haroni beserta jajaran, KUPTD Kesehatan Bambang Priyanto, KUPTD PU Wayan Nuryana, KUPTD Peternakan Barkah, Korcam PLD Sidomulyo Syaifudin Baron, Korlu PLKB Agus Tono, Kasi Ekobang Wayan Santia, Babinsa Desa Sidowaluyo Wayan Suitur, ketua BPD Desa Sidowaluyo Sunaryo dan Pendamping Desa Ikhsan Subekti serta puluhan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

Saat di wawancara media wartaselatan.com, Camat Sidomulyo yang diwakili Sekretaris Camat Sidomulyo Ruris Apdani Menyatakan, seluruh desa yang berada di Kecamatan Sidomulyo telah melaksanakan MusrembangDes tahun 2023 dan telah menetapkan usulan untuk masing-masing desa, dimana usulan tersebut akan dibawa dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan.

“Alhamdulillah untuk 16 desa yang ada di kecamatan Sidomulyo untuk MusrembangDes tahun 2023 telah dilaksanakan, dari hasil MusrembangDes sudah ada ketetapannya dari masing-masing desa yang nantinya akan kita bawa dalam MusrenbangCam”. Ucapnya.

Menurutnya juga, usulan dari seluruh desa yang ada di kecamatan tersebut yang menjadi skala prioritas adalah di bidang pembangunan fisik insfrastruktur, Ruris Juga menjelaskan, masih banyak jalan-jalan yang berada di Kecamatan Sidomulyo yang rusak dan harus dibenahi.

“Mudah-mudahan dapat 80% lebih dapat terealisasi, itu harapan kita, dapat tercover semuanya”. Harapnya.

Kepala Desa Sidowaluyo Haroni Memaparkan, ada beberapa program prioritas yang menjadi usulan dalam MusrembangDes tahun 2023 di desanya itu, yakni dalam bidang pekerjaan umum, bidang peternakan, bidang pertanian, bidang kesehatan dan keluarga berencana.

“Untuk bidang pekerjaan umum kita mengusulkan pengerasan di jalan Gajah Mada dusun I dan dusun II sepanjang 1000 meter, selanjutnya pengerasan jalan Ontoseno yang berada di dusun VI sepanjang 300 meter, seterusnya melanjutkan pengerasan dijalan majapahit yang terletak di dusun II dan III sepanjang 600 meter, kemudian di jalan desa dusun III banyuwangi sepanjang 350 meter dan jalan pekalongan yang berada di dusun IX sepanjang 1000 meter serta usulan pembangunan jembatan penghubung antar desa Sidowaluyo dan desa Sidorejo yang berada di dusun I”. Paparnya lengkap.

Haroni juga menjelaskan yang menjadi usulan prioritas yang berkaitan dengan bidang peternakan dan pertanian, hingga keinginan pemerintah desa itu mewujudkan program satu rumah satu buah.

“Kita juga mengusulkan dalam bidang peternakan berupa bantuan sapi dan kambing, serta dalam bidang pertanian kita mengusulkan bibit tanaman buah untuk mewujudkan program satu rumah satu buah, baik itu bibit mangga rambutan alpukat dan lainya, serta kita juga mengusulkan pengeboran serta pemasangan jaringan listrik untuk pertanian”. Jelasnya.

Haroni juga menerangkan terkait regulasi Permendes nomor 8 tahun 2022, bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023 maksimal 25% dengan kriteria Ekstrem.

“Dan untuk BLT-DD tahun 2023 ada yang berbeda, dimana tahun kemarin besarannya 40% untuk tahun 2023 maksimal penyalurannya hanya 25% dan itu juga dengan kriteria ekstrem, meliputi keluarga miskin yang penghasilannya 1 bulan dibawah Rp. 500.000,- serta didalam rumah tangga itu ada yang memiliki penyakit kronis, kemudian rumah tangga tunggal (sebatang kara) dan kriteria selanjutnya ada keluarga yg difabel (cacat)”. Tutupnya.

Adapun yang meliputi peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 antara lain :

1. Pemulihan ekonomi nasional, meliputi penanganan kemiskinan ekstrem BLT-DD maksimal 25%.
2. Bantuan modal Bumdes, bagi yang Bumdesnya sehat / indikatornya punya PAD, bagi yang Bumdesnya tidak berjalan maka di Restrukturisasi.
3. Ketahanan pangan hewani, dirancang untuk penanganan inflasi.
4. Stunting, meliputi dana operasional tim TPPS, honor KPM, Posyandu, Bantuan PMT untuk 3 bulan, layanan pembelian Antropometri, pembuatan atau pemeliharaan kolam, kandang (lumbung gizi desa).
5. Operasional Pemdes.
6. Desa Wisata, meliputi UMKM, Ekonomi kreatif, penganggaran sarana prasarana pendukung.
7. Digitalisasi Desa, web smart village, operasional hosting, hardware.
8. Perluasan akses kesehatan, rehab atau pembuatan rumah sehat desa (RDS), Poskesdes, Posyandu dll.
9. Perbaikan data SDGs, meliputi input data SDGs dan update data.
10. Mitigasi bencana alam dan non alam, ditambah swasembada sekolah. (Ade/Pra)

Related articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
3,586PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
spot_img

Latest posts