spot_img
Jumat, Februari 3, 2023
spot_img
spot_img
BerandaLampung SelatanPemerintah Kabupaten Lampung Selatan Gelar Pelatihan Keprotokolan

-

KALIANDA-(wartaselatan.com)

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan menggelar Pelatihan Keprotokolan, yang berlangsung di Aula Rajabasa Kantor Bupati setempat, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Karakter Yang Profesional Dan Berdedikasi” tersebut, dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 22 hingga 23 Desember 2022.

Hadir langsung, Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, Biro Humas Administrasi Pimpinan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Firmansyah Rasyid, Kepala Perangkat Daerah Lampung Selatan dan peserta pelatihan.

Pada kesempatan itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Lampung Selatan, Rahmat Akbar mengatakan, tujuan kegiatan pelatihan keprotokolan yaitu sebagai sarana meningkatkan sumber daya manusia para peserta pelatihan.

“Meningkatkan sumber daya manusia dalam hal pengetahuan keterampilan dan sikap tugas seorang protokol di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan maupun kecamatan-kecamatan dalam hal melaksanakan kegiatan keprotokolan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” ujarnya.

“Peserta berjumlah 82 orang , dimana 62 orang peserta berasal dari Badan/Dinas Bagian dan Kecamatan serta 20 orang berasal dari staff Protokol Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya lebih lanjut.

Sekretaris Daerah Lampung Selatan, Thamrin mengungkapkan, keberadaan Keprotokolan memang sangat dibutuhkan untuk suksesnya suatu acara ataupun kegiatan. Disamping itu, protokol juga merupakan bagian yang melekat dari aktivitas pimpinan, dimana berkewajiban membantu dan mendukung tugas pemimpin.

“Oleh karena itu, di dalam pelatihan keprotokolan ini diikuti oleh 17 Kecamatan dan Dinas Instansi. Tujuan dari keikutsertaan saudara semua adalah bagaimana nantinya dapat bertugas sesuai dengan lokasi tempat kerja masing-masing, sehingga dengan kemampuan keprotokalan yang saudara miliki akan mendukung kelancaran tugas,” ungkap Thamrin.

Thamrin juga berharap, kepada semua peserta pelatihan, dimana harus mampu menyerap semua materi yang akan disampaikan nanti. Memahami teknik dan etika keprotokolan, teknik implementasi kemampuan komunikasi secara efektif dan yang sangat penting, semua harus bisa mempersiapkan pelaksanaan kegiatan resmi.

“Perlu juga diketahui oleh saudara sekalian bahwa kegiatan keprotokolan bukan saja mengenai serangkaian aturan dalam mengatur dan membawakan acara kenegaraan atau acara resmi lainnya, akan tetapi yang lebih daripada itu adalah petugas protokol harus mempunyai atitude atau sikap saudara terhadap pimpinan dan tamu undangan,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Thamrin meminta, diakhir kegiatan diadakan uji kompetensi/Post test kepada seluruh peserta khususnya staff Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan untuk mengetahui sejauh mana ilmu, wawasan serta pemahaman yang dapat diserap dari kegiatan ini. Sehingga kedepan seluruh staff protokol yang ada dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik dan professional.

“Tunjukkan profesionalisme sebagai seorang petugas protokol, dengan sikap yang ramah kepada siapa saja, sigap atas segala situasi dan kondisi ketika bertugas, jangan sampai terjadi keteledoran ataupun lalai, sehingga pimpinan yang saudara layani merasa tidak nyaman. Oleh karenanya penguasaan etika juga sangat penting ketika sedang bertugas,” pintanya. (kmf)

Related articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
3,694PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
spot_img

Latest posts