spot_img
Sabtu, Januari 28, 2023
spot_img
spot_img
BerandaLampung SelatanBupati Lampung Selatan Hadiri Kegiatan Bakti Sosial Dalam Peringatan Hari PMI Tahun...

-

KALIANDA-(wartaselatan.com)

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghadiri kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Indonesia (PMI) tahun 2022, berlangsung di halaman Gor Way Handak, Jum’at (30/12/2022).

Kegiatan bakti sosial diramaikan dengan sunatan masal, donor darah dan bazar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Peringatan hari Relawan PMI mengusung tema “Solidaritas Melalui Kerelawanan”, yang memiliki arti bagaimana memupuk, mengembangkan dan mewujudkan solidaritas sosial sebagai bagian dari umat manusia dalam kegiatan kerelawanan.

Dalam laporannya, Ketua PMI Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, eksistensi PMI sebagai salah satu garda terdepan dalam kegiatan kemanusiaan tentu tidak bisa dilepaskan dari peran para relawan yang menjadi ujung tombak di lapangan.

“Relawan PMI hadir dan mewakafkan dirinya, untuk menolong dan berbuat baik demi mengangkat harkat dan martabat kemanusiaan tanpa memandang latar belakang, namun mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera demi keselamatan jiwa,” ujar Winarni.

Winarni juga menuturkan, pengetahuan dan pengalaman relawan PMI sangat diperlukan dalam menumbuhkan solidaritas melalui kerelawanan di masyarakat. Relawan PMI telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dari aksi-aksi yang dilakukan dengan benar-benar dirasakan manfaatnya.

“Untuk itu dalam kesempatan ini, selaku Ketua PMI Cabang Lampung Selatan saya menyampaikan, bahwa upaya menumbuhkan solidaritas melalui kerelawanan di masyarakat salah satu program kerja penting yang harus dilaksanakan oleh PMI Lampung Selatan,” tuturnya.

“Kita bersama akan memperbanyak dan memperkuat relawan-relawan kemanusiaan di setiap desa, sehingga seluruh desa di Lampung Selatan menjadi desa tangguh dan tanggap terhadap bencana,” ucapnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengungkapkan, bakti sosial merupakan wujud dari kepedulian dan perhatian Pemerintah Daerah kepada masyarakat. Dimana dengan kegiatan bakti sosial ini dapat membantu kesulitan masyarakat dan juga merekatkan rasa kebersamaan dan memberikan manfaat sekaligus menumbuhkan nilai serta kepekaan sosial terhadap sesama.

“Kegiatan sosial semacam ini adalah suatu tindakan solidaritas yang harus mendapatkan apresiasi dan dukungan kita semua. Hal baik jangan sampai kita tinggalkan, justru harus kita tingkatkan dan mendonorkan darah merupakan perbuatan yang sangat mulia,” ungkapnya.

Nanang mengajak, kepada masyarakat agar mau mendonorkan darahnya. Selain akan membantu orang lain yang membutuhkan transfusi darah, juga akan berdampak baik bagi kesehatan si pendonor itu sendiri.

“Saya mengajak seluruh jajaran beserta masyarakat agar mau mendonorkan darahnya, saya melihat partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darah sangat luar biasa pada hari ini. Aksi kemanusiaan ini harus berkelanjutan,” ajaknya.

“Oleh karena itu, saya minta kepada segenap jajaran pengurus PMI untuk merekrut lebih banyak lagi relawan PMI, sampai ke desa-desa, berikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda akan manfaat kesehatan bagi dirinya sebagai pendonor. Ajak dan rangkul mereka untuk menjadi relawan pelopor pendonor darah ditempatnya masing-masing,” pungkasnya.

Usai membuka kegiatan bakti sosial Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengunjungi stand-stand pelayanan yang ada didalam kegiatan bakti sosial tersebut. (kmf)

Related articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
3,684PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
spot_img

Latest posts