spot_img
Jumat, Februari 3, 2023
spot_img
spot_img
BerandaLampung SelatanTingkatkan Kualitas Pelayanan Kependudukan, Pemkab Lamsel Gelar Rapat Evaluasi Tahunan

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kependudukan, Pemkab Lamsel Gelar Rapat Evaluasi Tahunan

-

KALIANDA-(wartaselatan.com)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Rapat Evaluasi Tahunan Pelayanan Kependudukan yang berlangsung di Mal Pelayanan Publik (MPP) Lampung Selatan, pada Sabtu (31/12/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan pelayanan publik yang optimal pada sektor kependudukan di daerah, sesuai dengan komitmen dari Pemkab Lampung Selatan yang terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan Edy Firnandi menyampaikan, untuk memperoleh pelayanan kependudukan yang optimal pihaknya telah menciptakan berbagai inovasi pelayanan yang melayani semua produk pelayanan di Disdukcapil.

Dirinya menyebut, pelayanan tersebut terdiri dari pelayanan online dan offline, diantaranya yaitu PAKE-OLI, Pak Ja-Ja, Tim PAK-De, Tim 86, Tim Kecamatan, Yanduk SATLANTAS, PAK Kades, JEBOLAN AKPER MANIS, Pelayanan KISAK, Tom Goes to Scool (GtS) dan Pak Kiamat.

Pada tahun 2022 ini, ungkap Edy Firnandi, total capaian pencetakan dokumen tahun 2022 di Disdukcapil Kabupaten Lampung Selatan mencapai 230.932 dokumen.

“Dengan rincian, Kartu Keluarga 77.060 dokumen, Surat Pindah 15.868 dokumen, Surat Datang 15.310 dokumen, KTP-EL 67.648 dokumen, Kartu Identitas Anak (KIA) 15.528 dokumen, Akta Lahir 34.716 dokumen, Akta Kematian 4.503 dokumen, Akta Perkawinan 296 dokumen dan Akta Perceraian sebanyak 3 dokumen,” ungkapnya.

Atas kerja keras seluruh tim dalam memberikan pelayanan, Edy Firnandi juga mengungkapkan, Disdukcapil Lampung Selatan mendapatkan penilaian kinerja dari Kemenpan RB dengan nilai 4,2 dengan kategori (A-). Kemudian, Penilaian Levelisasi Kinerja Dirjen Adminduk sudah masuk di Level 3.

Sementara, Zona Integritas saat inu belum menjadi WBK serta Penilaian Pelayanan Prima Kemenpan RB juga belum diperoleh dan ditargetkan akan diperoleh pada tahun 2023 mendatang.

“Kami menargetkan penilaian-penilaian yang telah diperoleh dari pusat dapat kami tingkatkan pada tahun 2023 mendatang, dengan berbagai inovasi pelayanan yang kami berikan guna mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kependudukan,” ujar Edy Firnandi.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan apresiasi atas capaian kinerja yang telah diperoleh oleh Disdukcapil Lampung Selatan selama tahun 2022.

Dirinya berharap, dengan adanya MPP Kabupaten Lampung Selatan dapat meningkatkan sinergi serta koordinasi antar lintas sektoral di daerah guna meningkatkan kulitas pelayanan yang efektif, efisien dan responsif kepada masyarakat. Baik itu dari sektor Kependudukan, Pendidikan, Kesehatan dan lainnya.

“Mal Pelayanan Publik ini kebanggaan kita semua sebagai masyarakat, disini akan diberikan berbagai pelayanan termasuk pelayanan kependudukan. Saya harap dengan adanya MPP ini capaian kinerja kita dan inovasi meningkat, makin banyak pemikiran yang cerdas sehingga kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya. (kmf)

Related articles

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
3,694PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
spot_img

Latest posts