Puji Sartono SH,  Harap Pemerintah Segera Bangun Tanggul Jebol Sungai Way Sulan

0
809

WAY SULAN-(wartaselatan.com)

Anggota DPRD Propinsi Lampung Puji Sartono SH, berharap kepada pemerintah Propinsi Lampung agar segera melakukan perbaikan terhadap tanggul yang jebol di Sungai Way Sulan Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh anggota Komisi IV DPRD Lampung yang juga kader PKS ini, Selasa (28/2/2023) saat meninjau lokasi Tanggul Jebol Sungai Way Sulan yang berada di RT 2 Dusun 1 Desa Banjarsari Kecamatan Way Sulan .

Tanggul ini sangat vital khususnya bagi para petani, oleh karena itu kepada pemerintah propinsi dan instansi terkait agar segera memperbaiki atau membangun tanggul ini. Karena kalau tidak segera dibangun maka akan merugikan petani dan warga masyarakat setempat. 

“Kepada Balai Besar atau Dinas PU Propinsi Lampung agar segera meninjau Tanggul yang jebol di sungai Way Sulan dan segera melakukan perbaikan/bangun agar tidak merugikan  petani/warga “Tuturnya.

Seperti kita ketahui bersama, tanggul yang jebol ini sangat vital bagi petani dan warga masyarakat. Selain dapat menampung luapan air juga merupakan akses utama saat petani mengangkut hasil pertanianya.” Ucapnya.

Ditempat yang sama anggota DPRD Lampung Seatan Dede Suhendar SPd juga berharap kepada pemerintah dan instansi terkait agar segera memperbaiki atau membangun tanggul jebol Sungai Way Sulan yang berada di RT 02 Dusun 1 Desa Banjarsari Kecamatan Way Sulan Lampung Selatan.

Menurutnya tanggul Sungai Way Sulan tersebut adalah salah satu akses yang cukup vital bagi petani dan warga setempat. Selain digunakan sebagai akses saat mengangkut hasil panen para petani juga sebagai pelindung luapan air yang akan menggenangi ratusan hektar sawah yang ada disekitarnya. Oleh karena itu gerak cepat pemerintah sangat diperlukan agar tidak mengancam tanaman padi para petani yang sebentar lagi akan panen 

“Tanggul ini sangat Vital, oleh karena itu gerak cepat pemerintah sangat diharapkan,” ucapnya.

Sehingga ancaman banjir dan gagal panen para petani tidak terjadi akibat luapan air yang akan menggenangi lahan pertanian akibat jebolnya tanggul Sungai Way Sulan ini.” harap Kader PKS ini.

Ketua RT 02 Dusun 1 Desa Banjarsari Solihin kepada media ini mengatakan bahwa tanggul yang jebol Sungai Way Sulan tersebut akibat derasnya air hujan yang turun beberapa waktu lalu didaerahnya. Akibat kejadian tersebut akses jalan terputus sehingga petani dan warga setempat harus memutar, sehingga memakan waktu dan tenaga serta biaya.

Selain itu, dengan jebolnya tanggul tersebut secara otomatis mengancam datangnya banjir yang akan merendam ratusan hektar sawah yang ada disepanjang tanggul Sungai Way Sulan.

Oleh karena itu dirinya bersama warga lainya berharap agar pemerintah segera memperbaiki/membangun tanggul yang jebol tersebut, sehingga ancaman banjir tidak terjadi dan para petani dapat menikmati hasil pertanianya sesuai yang diinginkan ” Tutupnya. (Cak Ton/Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini