Sambut Hari Raya Nyepi, Ummat Hindu Dharma Lakukan Upacara Tawur Agung Kesanga

0
262

SIDOMULYO-(wartaselatan.com)

Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945/2023 Masehi masyarakat dusun Banjar Suke Raharje desa Sidowaluyo kecamatan Sidomulyo kabupaten Lampung Selatan menggelar upacara Tawur Agung Kesanga dan Ritual arak arakan patung ogoh ogoh. Selasa 21/3/2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala desa Sidowaluyo Haroni, Ketua Adat Ketut Swarya, Mangku Gede Duane, Mangku Sujane, Mangku Ari, Mangku Made Sarne, Mangku Gede Mudite, Mangku Edi, Serka Wayan Switur Babinsa desa Sidowaluyo, Kanit Binmas Polsek Sidomulyo Ipda Fajar bersama anggota, Bripka Rohman Bhabinkamtibmas desa Sidowaluyo, tokoh masyarakat Sidomulyo Ahad Johani A.Md, Kepala Dusun se-desa Sidowaluyo, Linmas desa Sidowaluyo, Ketua Ormas Laskar Lampung Zaenal beserta anggota Laskar, Ormas Banser, Komunitas Radio Komunikasi Sidowaluyo , serta warga Masyarakat. Setempat.

Ketut Swarya ketua adat Banjar Suke Raharje desa Sidowaluyo menyampaikan ke Media wartaselatan.com ini adalah acara dalam penyambutan hari raya Nyepi tahun Saka 1945, kami mengadakan acara Tawur Kesanga atau membersihkan alam/jagad dari hal hal yang negatif, hal hal yang buruk, kita mulai mensucikan diri dan berpuasa.

Dalam hari raya Nyepi ini, umat Hindu akan meninggalkan aktifitas duniawi dalam keheningan dan kesunyian, serta lebih mendekatkan diri kepada Sang Hyang Widhi Washa.

Harapan kami sebagai umat Hindu, di tahun kemaren kurang bagus semoga tahun ini menjadi lebih baik lagi, perbaiki tingkah laku diri pribadi masing masing, artinya mawas diri, intropeksi diri dan memperbaiki diri dari hal hal yang negatif untuk maju ke hal yang lebih positif.

Mudah mudahan dengan datangnya tahun Saka yang baru ini bisa menuju ke hal yang lebih baik, merubah sikap kita yang tadinya arogan menjadi sabar terutama dalam sikap emosi yang dikenal oleh umat Hindu dengan nama “Melawan Sadripu”. Yang mana Sadripu ini adalah melawan 6 (enam) musuh di dalam diri kita yang harus kita lawan yang mana salah satu nya adalah emosi, hawa nafsu harus kita kekang. Tutup Ketut Swarya.

Ditempat yang sama terlihat Aparat Kepolisian dari Polsek Sidomulyo Polres Lampung Selatan, memperketat penjagaan keamanan hingga mengatur arus kendaraan sehingga acara berjalan aman dan tertib. (Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini