Camat Candipuro Buka Musdes RKPDes 2024 Desa Karya Mulya Sari

0
157

CANDIPURO-(wartaselatan.com)

Camat Candipuro Solatan S.E membuka kegiatan Musyawarah desa (Musdes) Tentang Pembahasan Penyusunan Rencana Kerja (RKPDes) Tahun 2024 di desa Karya Mulya Sari kecamatan Candipuro kabupaten Lampung Selatan. Selasa 11/07/2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Candipuro Solatan S.E, Pj desa Karya Mulya Sari Sunardi, Danramil Sidomulyo yang diwakili oleh DanPos kecamatan Candipuro Peltu Heriuddin, Kapolsek Candipuro AKP Gunawan, Ketua BPD desa Karya Mulya Sari Supriadi, Pendamping Desa, Perangkat desa Karya Mulya Sari, Tim Penggerak PKK desa Karya Mulya Sari, Kepala dusun se-Desa Karya Mulya Sari, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tamu Undangan.

Dalam sambutannya Pj Kepala desa Sunardi memperkenalkan diri bahwa dia adalah Pejabat sementara Kepala desa yang pada tanggal 27 Juni kemaren ditunjuk oleh Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto untuk menggantikan Warno Kepala desa yang sudah habis masa jabatan nya pada tanggal 20 Juni 2023 yang lalu.

“Saya minta do’a dan dukungannya dalam memimpin desa Karya Mulya Sari ini, karena tanpa dukungan Ibu dan bapak yang ada disini dalam memimpin desa kita tercinta ini”.

Sunardi melaporkan kepada Camat Solatan S.E, bahwa tahapan tahapan pemilihan Kepala desa di desa Karya Mulya Sari sudah mulai berjalan, Panitia pendaftaran Kepala desa sudah membuka Penjaringan Calon Kepala desa dari tanggal 03 Juni 2023 dan akan kita tutup pada tanggal 13 Juli 2023.

Alhamdulilah melalui penjaringan Calon Kepala desa terdapat 4 (empat) Calon Kepala desa yang mendaftar. Nanti akan kita lanjutkan dari tanggal 13 -17 Juli 2023 penelitian berkas calon Kepala desa di tingkat desa.

Saya juga sudah menyampaikan ke BPD untuk menyampaikan ke masyarakat bahwa pada tanggal 31 Agustus desa Karya Mulya Sari akan melaksanakan Pemilihan Kepala desa. Mohon seluruh perangkat desa agar disampaikan kepada masyarakat supaya mereka tahu, jangan sampai masyarakat bertanya tanya kapan dilaksanakan pemilihan Kepala desanya.

Dari bulan Juli saya menjabat Pejabat sementara (Pj), alhamdulilah Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahap II (dua) sudah saya realisasikan 50% yaitu menyangkut Siltap Perangkat desa, Kader, RT, LPM, BPD mulai bulan Mei, Juni, Juli, Agustus selama empat bulan sudah 100% saya realisasikan. Yang 50% ini adalah Ketahanan Pangan InsyaAllah minggu minggu ini juga akan kita realisasikan juga.

Dan hari ini adalah Musyawarah desa terkait Pembahasan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2024. Ini adalah tahapan yang sudah kita lalui dari awal Juli kita sudah bentuk Tim yang terdiri dari perwakilan aparatur pemerintahan desa, PKK, Ketua Pemuda, Gapoktan, BPD, LPM dan Tokoh Masyarakat. Mudah mudahan dengan kegiatan RKPDes hari ini yang akan dipimpin langsung secara teknis oleh Ketua BPD dan langsung secara resmi akan dibuka oleh Camat Candipuro Solatan S.E dapat berjalan lancar. Tutup Sunardi.

Kapolsek Candipuro AKP Gunawan menyampaikan bahwa masyarakat harus bisa menjaga keamanan di desa Karya Mulya Sari, mari kita saling kerja sama untuk menciptakan situasi aman dan kondusif. Kita mulai dari diri kita sendiri dan keluarga, contohnya kalau punya kendaraan ya harus dikasih kunci dobel minimal gembok, bisa beli motor sampai tiga masa beli gembok saja tidak bisa. “Ucapnya.

Koordinasikan segala sesuatunya demi keamanan desa ke Bhabinkamtibmas, mari kita saling bekerjasama. Untuk Kepala desa tolong perdayakan LINMAS, kalau ada kegiatan kemasyarakatan itu tolong libatkan LINMAS minimal dua orang. Tutupnya.

Komandan Pos (Danpos) kecamatan Candipuro Peltu Heriuddin mewakili Danramil Sidomulyo mengatakan kita harus mempersipkan diri demi keamanan kita dan keluarga, tambahlah kunci kendaraan kita dengan kunci tambahan minimal gembok.

Kami ini perlu kerja sama untuk menciptakan keamanan ini, apalagi dimusim pemilihan Kepala desa ini, kami butuh kerjasamanya. Sampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat desa Karya Mulya Sari, pilihlah Kepala desa menurut pilihan hati kita masing masing, pilihlah yang orangnya netral, mau melaksanakan tugas, iklas dan bertanggung jawab membangun desa Karya Mulya Sari ini.

Heri meminta masyarakat supaya jangan saling menyalahkan, jangan sampai terjadi salah paham antar tetangga. Pilih sesuai hati nurani mana yang yang terbaik menurut hati masing masing. Tutup Heri.

Camat Candipuro Solatan S.E dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kepala desa Warno yang sudah habis masa jabatannya, dalam menjalankan tugas tugasnya selama Lima Tahun dengan baik dan apa yang direncanakan sudah dijalankan dengan baik.

Terimakasih juga saya ucapkan kepada Pj Kepala desa Sunardi karena baru beberapa hari memimpin desa Karya Mulya Sari sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Walaupun dalam beberapa hari ini memang kegiatannya agak padat tetapi bisa terselesaikan dengan baik.

Terimakasih sudah merealisasikan 50% DD Tahap II (dua), dan sisanya 50% nanti akan direalisasikan dalam beberapa hari kedepan. Sunardi juga sudah menyelesaikan tahapan tahapan pemilihan Kepala desa, dengan sudah dibentuknya panitia pemilihan PilKades, dan akan menyelesaikan tugas yang berat ini sampai Kepala desa terpilih dan dilantik.

Tolong dibantu Pj Kepala desa dalam menjalankan tugasnya, sehingga kegiatan kegiatan pelaksanaan pembangunan di desa Karya Mulya Sari dengan sukses, karena suksesnya Kepala desa itu kalau bisa bersama sama masyarakatnya dalam melaksanakan kegiatan, sukses pembangunannya dan tidak ada halangan. “Ucap Solatan.

Hari ini adalah Musyawarah desa RKPDes Tahun 2024, jadi didalam sebuah organisasi, karena desa juga termasuk organisasi, organisasi pemerintahan desa. Setiap organisasi itu dalam pelaksanaan kegiatan itu ada tiga hal, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan. Jadi segala sesuatu kegiatan kegiatan itu harus direncanakan dari awal. Hari ini adalah awal perencanaan, nanti dari perencanaan yang kita buat ada yang namanya pelaksanaan, setelah kita laksanakan, kita adakan pengawasan atau evaluasi.

Solatan juga mengatakan bahwa tahap tahap itu sudah ditentukan disini, sudah kita rencanakan, kita laksanakan dan dari kecamatan akan melakukan monitoring dan evaluasi, jadi kalau ada Kepala desa yang melenceng dan mengubah hal yang sudah direncanakan tahapan berikutnya sudah pasti tidak akan saya rekom. Saya sebagai Camat bertanggung jawab untuk tidak merekom kegiatan selanjutnya, karena apa? karena tahapan sebelumnya tidak dilaksanakan. Bagi Kepala desa se-Kecamatan Candipuro semoga tidak ada yang merubah sesuatu yang sudah direncanakan.

Hati hati ditahun politik seperti ini, kalau ada isu yang tidak baik atau isu yang kurang baik tentang Calon Kepala desa ini jangan langsung mengambil tindakan yang anarkis, saling bermusuhan apalagi sampai tidak teguran sesama tetangga. Pilih sesuai hati nurani kita, mana yang lebih bagus dan pantas yang bisa membangun desa Karya Mulya Sari yang kita cintai ini.

Kebanyakan yang kita lihat disekitar rumah kita itu ditumbuhi ilalang atau rumput. Saya minta kepada Ibu ibu PKK, kita mulai dari anggota PKK dulu, setelah itu bisa mengajak ibu ibu yang lain untuk memanfaatkan lahan sekitar rumahnya yang tidak terpakai dengan menanam sayuran atau tanaman obat, kegiatan ini sangat penting untuk membantu desa dari Inflasi, contohnya kita menanam cabe, 10 batang cabai kalau semua menanam di lahan sekitar rumah yang tidak terpakai, manfaatnya sangat besar, bisa membantu pemerintah juga, yaitu tadi inflasi, contohnya harga cabai, tidak akan ada cabai mahal lagi kalau semua menanam cabai dan juga bisa mengurangi uang belanja ibu ibu semua. Jangan dibiarkan lahan sekitar rumah ditumbuhi rumput ilalang, tanamlah tanaman yang bermanfaat.

Terkait keamanan diTahap tiga nanti akan dilaksanakan pengadaan CCTV dalam rangka penurunan tingkat kriminalitas dan akan dipasang di beberapa titik. Karena dengan adanya CCTV pelaku kejahatan ini akan berfikir untuk melakukan aksinya.

Mudah mudahan apa yang kita bahas di Musdes RKPDes desa Karya Mulya Sari hari ini kita berharap semoga bisa memberikan harapan harapan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi pak Kades ini membangun awalnya dari kebutuhan masyarakat, dari tingkat RT butuh apa, lalu kita bahas di tingkat dusun (MusDus) setelah itu kita bawa ke desa (MusDes), karena tidak semua kebutuhan RT ini semua bisa dipenuhi, , kita lihat RT mana yang paling urgent dan serius, mana yang kualitasnya paling tinggi, maka munculah USP dan munculah di situ berapa besarannya.

Dengan mengucap bismilah acara kegiatan Musyawarah desa Pembahasan Penyusunan Rencana Kerja desa Karya Mulya Sari Tahun 2024 saya buka. Tutup Solatan. (Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini