Hari ini, Camat Sidomulyo Lakukan Monev DD-ADD 2023 di Desa Banjarsuri dan Desa Talang Baru

0
89011

SIDOMULYO-(wartaselatan.com)

Pemerintah desa Banjar Suri kecamatan Sidomulyo kabupaten Lampung Selatan menggelar Monitoring Evaluasi (Monev) Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahap Pertama selama Enam bulan Januari. – Juni di Aula desa Setempat. Kamis 06/07/2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sidomulyo Erman Suheri beserta Tim, Pendamping desa, Koordinator Kecamatan Sidomulyo, Staf Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Sidomulyo Susanto, Kepala desa Banjar Suri Sugiyanto, Aparatur desa Banjar Suri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Erman Suheri mengatakan ke Media wartaselatan.com bahwa kegiatan Monev di desa Banjar Suri yaitu Monitoring dan Mengevaluasi berkas fisik ataupun non fisik sesuai yang direalisasikan pihak Pemerintah desa, kita lihat apa yang sudah di realisasikan dikerjakan atau tidak.

Kalau ada fisiknya kita lihat ada bangunannya atau tidak, kalau ada ya kita ceklis ada, kita juga mengingatkan masalah pajaknya harus dibayar untuk pencairan TPPH nya. Jadi kita Monitoring dan Evaluasi untuk pembayaran pajaknya, supaya jangan sampai lalai tanggung jawab masalah pembayaran pajak ini.

MONEV Tahap pertama ini merupakan usulan Pemerintah desa Banjar Suri untuk mengajukan Termin yang kedua. Jadi setelah Dana yang diminta ini sudah dipakai atau terealisasi sesuai dengan kegunaan dan peruntukannya, lalu kita tanda tangani. Setelah semua sudah selesai baru ini menjadi bahan desa Banjar Suri untuk mengajukan Termin yang kedua.

Alhamdulilah Desa di kecamatan Sidomulyo ini semua bagus, tidak ada Dana yang tidak direalisasikan, pajak juga dibayar semua. Pokok nya Apresiasi saya berikan untuk desa desa yang ada di Kecamatan Sidomulyo ini. Tutup Erman Suheri.

Ditempat yang sama, Susanto Staf Ekonomi dan Pembangunan kecamatan Sidomulyo juga mengingatkan kepada seluruh desa di kecamatan Sidomulyo untuk meningkatkan lagi usaha BUMDESnya, kalau memang pengurusnya sudah tidak sanggup ya diganti dengan yang baru agar Bumdes berjalan dan berkembang sehingga bisa memberikan PAD untuk desa dan bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk sistem pelaporan keuangan terkait Anggaran Dana Desa (ADD) dan alokasi Dana Desa (DD) agar melengkapi dengan bukti bukti pengeluaran kegiatan, seperti Nota, Kwitansi, SPP dan Dokumen pendukung lainnya. Serta untuk Kegiatan Ketahanan Pangan seperti pengadaan ternak atau bibit perkebunan harus disertai dengan Berita Acara dan Perkades. Pajak kegiatan agar dibayarkan per-Tahap, misalnya untuk kegiatan Anggaran Dana Desa Tahap I, pajaknya juga harus selesai dibayarkan di Tahap I dan seterusnya. Tutup Susanto. (Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini