Gebyar Sidomulyo Fair 2024 Berjalan Sangat Meriah

0
90

SIDOMULYO-wartaselatan.com

Gebyar Sidomulyo Fair Tahun 2024 yang digelar di Lapangan desa Sidorejo, resmi dibuka oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, (Selasa 30/04/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Anggota Forkopimda Lampung Selatan, Anggota DPRD Dapil Sidomulyo, Sekertaris Daerah beserta ketua DWP Lampung Selatan, Para Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Camat se-Kabupaten Lampung Selatan, Danramil Sidomulyo Kapt. Inf Imronnata, Kapolsek Sidomulyo Iptu Sugiyanto, Para Kepala desa se-Kecamatan Sidomulyo, Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Sidomulyo, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tamu Undangan.

Camat Sidomulyo Rohidin S.Sos mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lampung Selatan yang sudah hadir di kecamatan Sidomulyo untuk membuka secara resmi kegiatan Sidomulyo Fair Tahun 2024.

Kegiatan Sidomulyo Fair Tahun 2024 ini akan kita laksanakan selama Tiga hari dan mengusung Tema Meningkatkan ekonomi masyarakat melalui keanekaragaman produk UMKM dan Kuliner dari desa se-Kecamatan Sidomulyo.

Mudah mudahan dengan diadaknnya kegiatan Sidomulyo Fair Tahun 2024 ini, setiap potensi yang ada di desa akan kita perkenalkan ke tingkat Kecamatan dan dari sini semoga bisa naik ke tingkat kabupaten, tutup Rohidin.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Selatan H. Nanang Emanto mengatakan tujuan diadakan Sidomulyo Fair ini adalah untuk menggali potensi potensi yang ada di Kecamatan kita, di desa kita untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi yang harus kita jaga dalam situasi dan kondisi saat ini yang tidak menentu.

Kalau Sidomulyo ini dengan perkembangan UMKM, Pariwisata sangat luar biasa, untuk Tahun 2024 ini Kabupaten Lamsel pada H-7 Lebaran sangat tinggi pengunjung Pariwisata, khususnya Sidomulyo.

Yang saya harapkan pertumbuhan pertumbuhan Wisata, UMKM dan Kuliner di kecamatan Sidomulyo ini bisa menjadi kekuatan ekonomi untuk masyarakatnya. Potensi potensi seperti ini yang harus kita jaga, baik keamanan dan kenyamanannya bagi pengunjung luar daerah yang memasuki wilayah kita untuk berlibur dan menikmati keindahan alam kita.

Pemerintahan suatu daerah harus bisa menggali potensi yang begitu besar potensi yang sudah ada, ini yang harus kita kembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya di kabupaten Lamsel khususnya kecamatan Sidomulyo.

Dengan diadakannya kegiatan kegiatan seperti ini kita akan melihat bagaimana transaksi pertumbuhan ekonomi di masyarakat kita. Ada 16 desa menunjukan potensinya masing masing, ini merupakan potensi karya bahwa Kepala desa mrmpunyai kemampuan bagaimana mengetahui masyarakatnya dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desanya masing masing.

Saya sangat mengapresiasi 16 Kepala desa dan dukungan dari Forkom Kecamatan untuk bagaimana bangkitnya pertumbuhan ekonomi fi tengah tengah masyarakat dalam situasi kondisi ekonomi yang tidak menentu saat ini.

Mudah mudahan dengan diadakannya kegiatan Sidomulyo Fair ini akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang sangat besar, yang sangat sangat luar biasa. Perlu bapak ibu ketahui, bangkitnya pertumbuhan ekonomi itu terlihat dari pertumbuhan UMKM dan UKM nya.

Pertumbuhan ekonomi Lampung Selatan ini, dengan Indeks Pembangunan Manusianya dengan adanya kegiatan kegiatan seperti ini Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Lampung Selatan adalah 71,55% ini sudah masuk kategori tinggi Indeks Pembangunan Manusia di kabupaten kita, kalau diatas 71-75% sudah sangat tinggi.

Maju mundurnya suatu wilayah itu ditunjukkan dari Indeks Pembangunan Manusianya, alhamdulilah kita masuk kategori tinggi 71,55%, ini merupakan kebanggaan untuk kita semua, kita sudah menunjukan kepada suatu daerah dan provinsi bahwa Lampung Selatan Indeks Pembangunan Manusianya sudah masuk kategori tinggi. Dan angka kemiskinan di Lampung Selatan saat ini alhamdulilah sudah di angka 12,97%, ini merupakan suatu penurunan yang sangat luar biasa untuk kategori yang kita harapkan, bagaimana kita menuntaskan tingkat kemiskinan di kabupaten Lampung Selatan.

Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan Total Layak Anak kita saat ini kategori Nindia dan ketegori ke 24 adalah Utama, nah ini target kita semua pak Kades, bahwa kita Total Layak Anak ini sekarang kita masuk di Nindia mudah mudahan dengan kebersamaan kita bagaimana kita menyiapkan sarana prasarana untuk meningkatkan KLA kita menjadi Utama di Tahun 2024 ini.

Indeks Inovasi kita sudah masuk di angka 59,92 Poin jadi meningkat dari 25 kabupaten se-Indonesia, dan dalam Kunjungan Wisata kemarin Tahun 2023 tercatat 676.486 dan saat ini kecamatan Sidomulyo sendiri sudah ada 100.000 Pengunjung yang mengunjungi tempat Wisata yang ada di kecamatan Sidomulyo ini.

Saya pesan ke Kepala desa yang desanya mempunyai tempat tempat Wisata ini harus kita jaga, mudah mudahan dengan potensi potensi yang ada, menjaga kenyamanan keamanan dan ketertiban pengunjung yang berwisata ditempat kita sehingga terjadi peningkatan ekonomi di sektor UMKM dan UKM di kecamatan Sidomulyo ini.

Untuk Stunting ri Tahun 2024 kita sudah dibawah 5% dan akan kita uber terus bagaimana kita bisa Zero Stunting sehingga tidak terjadi Gizi Buruk di wilayah kabupaten Lampung Selatan dan desa desa kita.

Pertumbuhan Ekonomi kita sudah 4,91%, dengan angka ini kita merupakan kabupaten tertinggi yang ada di Provinsi Lampung dari 15 kabupaten kota. Nah ini merupakan suatu kebanggaan bahwa pertumbuhan ekonomi di kabupaten Lampung Selatan bisa tercapai dengan kebersamaan kita, kegotong royongan kita bagaimana kita menumbuhkan pertumbuhan ekonomi fi kabupaten Lampung Selatan ini.

Sekali lagi saya mengapresiasi kegiatan Sidomulyo Fair ini, yang biasa kita buka pada malam hari, tetapi Camat Rohidin minta pada siang hari, saya kira karena siang hari tidak begitu banyak yang hadir, tetapi diluar dugaan saya, ternyata yang hadir pada pagi hari ini melebihi dari yang saya duga. Sekali lagi saya Apresiasi Sidomulyo Fair Tahun 2024 ini. Terimakasih pak Camat Rohidin, Staf kecamatan, UPT, Kepala Sekolah dan Kepala desa serta Ibu Kepala desa se-Kecamatan Sidomulyo yang ikut mensukseskan acara Sidomulyo Fair Tahun 2024 ini.

Mudah mudahan dengan kebersamaan kita, persatuan kita kegotong royongan kita inilah bangkitnya ekonomi kabupaten Lampung Selatan wabilkhusus kecamatan Sidomulyo yang kita cintai ini.

Dengan mengucap bissmilah secara resmi saya buka Sidomulyo Fair ini, tutup Nanang. (Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini