Bunda Winarni Nanang Ermanto Lakukan Road Show PSGU di Dua Kecamatan

0
78

LAMSEL-(wartaselatan.com)

Dalam satu hari Ketua TP PKK Lampung Selatan Bunda Winarni Nanang Ermanto melakukan Road show Proyek Cetak Generasi Unggul (PCGU) Audit Kasus Stunting Semesta Lampung Selatan di kecamatan sekaligus.

Dua kecamatan yang didatangi oleh istri orang nomor satu di Lampung Selatan ini dalam gelaran PCGU yakni Kecamatan Way Sulan dan Kecamatan Candipuro, Selasa (4/6/2024) yakni melakukan audit kasus Stunting sebagai pertanggung jawaban upaya percepatan penurunan Stunting, Peningkatan kolaborasi dan sinergi lintas sektor dan peningkatan Kader Posyandu, Kesling PHBS, TPK, KPM, GENRE, BKB, BKR, BKL, PKK dan Kader Penggerak lainnya Tahun 2024 dan Melantik Kader Duta Cetak Generasi Unggul, Kader Promosi Gemar Makan Ikan dan Kader Lingkungan Desa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Para Kepala Dinas Kabupaten Lampung Selatan, Camat serta undangan lainya.

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Selatan mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk membangun komitmen yang lebih kuat lagi, agar semua pihak dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa dan semua elemen masyarakat bisa menyatu, menyatukan pemahaman menyatukan gerakan serta menyatukan gerakan langkah bagaimana target target pembangunan di Lampung Selatan disegala sektor ini bisa dilakukan percepatan untuk hasil maksimal.

Untuk mencegah Stunting New atau Stunting baru, kita dari pemerintah daerah selalu mengedukasi, mengajak pemerintah kecamatan sampai tingkat desa untuk melakukan gerakan gerakan dalam Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan yang salah satu gerakannya adalah Swa Sembada Lingkungan.

“Karena menurut laporan dari Kader dan Bidan Desa, munculnya Stunting New ini adalah dikarenakan lingkungan yang kurang sehat”.

Anak anak kita ini, penyiapan generasi kedepan ini, bukan selalu gizinya yang di interpensi, tetapi lingkungannya pun harus diperhatikan. Ketika Bidan desa tadi menyampaikan, ketika ada Stunting baru, ternyata dia bukan karena bantuan gizinya tetapi lingkungan yang kurang sehat.

Sudah saya sampaikan dari Tahun yang lalu, yang mana swa sembada lingkungan adalah swadaya pemikiran, swadaya pengetahuan, swadaya informasi. Jadi swa sembada lingkungan itu harus bersama sama kita jaga kebersihannya melalui informasi informasi kepada masyarakat tentang bagaimana menjaga lingkungan agar selalu bersih, udara bersih dan lingkungan sehat sampai kedepannya.

Seperti kata Bupati kita H. Nanag Ermanto, bagaimana cara kita menjaga lingkungan agar selalu sehat, mari bersama sama jangan membuang sampah sembarangan, mengalirkan air yang menggenang, serta menanam kembali pohon yang kita tebang. Dengan menanam pohon kita bisa mendapatkan udara yang selalu segar dan sehat. Jadi kita persiapkan dulu dan hasilnya itu nanti yang menikmati anak anak dan cucu kita untuk menyiapkan generasi unggul, ucap Winarni.

Saya berpesan kepada Camat Way Sulan Madro’i dan Camat Candipuro Sholatan agar selalu memperhatikan warganya kalau ada yang mengalami Stanting New, ajak Kepala desa nya untuk melihat keadaan lingkungan keluarganya, kalau memang benar benar tidak mampu segera usahakan untuk memberikan apa yang dibutuhkan, dengan cara seperti ini maka kedepan kita pasti bisa menciptakan generasi yang unggul dan Zero Stunting New.

Winarni berharap diadakannya Road Show ini adalah bagaimana menindaklanjuti dari hal hal yang menjadi catatan catatan masih adanya kendala kendala dalam pelaksanaan gerakan gerakan atau kegiatan di tahun tahun sebelumnya, dan pasti masih ada kendala.

Hal ini karena masih ada keluarga beresiko stunting masih ada priovalensi balita beresiko stunting, nah ini artinya .asih ada PR kita di kabupaten Lampung Selatan dalam hal pencegahan stunting, makanya kita lakukan kegiatan ini, dan ini juga bukan hanya satu sektor pencegahan stunting saja termasuk juga untuk bersama sama untuk menurunkan kemiskinan extream, dan juga untuk bersama sama meningkatkan kualitas pendidikan serta meningkatkan pelayanan juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Lampung Selatan.

Kegiatan Roadshow ini harus diadakan berkelanjutan dan juga harus selalu ditingkatkan apa yang sudah kita lakukan selama ini dan hasil capaiannya memang tidak memuaskan tapi arti puas disini bukan untuk kita berhenti tetapi menjadi semangat kita untuk meningkatkan dan melanjutkan apa yang sudah kita lakukan selama ini. Karena progresnya ada tetapi belum maksimal selesai, makanya harus terus ditingkatkan gerakan gerakan atau program program yang memang sudah kita lakukan dan hasilnya ada progresif tetapi hasilnya belum maksimal karena PR nya masih ada. Tetap semangat bersama sama untuk hasil yang kita inginkan, tutup Winarni. (Cak/Pen)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini