Bunda Win, Hadiri Lomba Desa di Desa Mekarsari-Way Sulan

0
308

WAY SULAN-(wartaselatan.com)

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto bersama Tim penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampung Selatan hadir di Desa Mekar Sari Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan, Selasa 21/2/2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin, Ketua Tim Penilai lomba Desa Erdiyansyah bersama Anggota, Pejabat Struktural Kabupaten Lampung Selatan beserta Jajaran, Forkopimcam Kecamatan Way Sulan, Kepala Dinas Kabupaten Lampung Selatan, Camat Way Sulan Munir S.E, Kepala Desa Mekar Sari Miftahudin, KUPT seKecamatan Way Sulan, Kepala Desa seKecamatan Way Sulan, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Way Sulan, Ketua PKK desa SeKecamatan Way Sulan, Jajaran pemerintah desa Mekar Sari, Tokoh Agama, Pemuda, Masyarakat desa Mekar Sari.

Kepala desa Mekar Sari Miftahudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa desa Mekar Sari berada di kecamatan Way Sulan kabupaten Lampung Selatan dengan luas 661,25 hektare. Desa Mekar Sari awalnya berasal dari desa Talang Way Sulan dan mekar pada tahun 1987 dan berbarengan dengan desa Banjar Sari kecamatan Way Sulan.

Untuk profil desa di desa Mekar Sari terdapat 2.732 jiwa teridiri dari 706 kepala keluarga, dari semua itu rata rata pekerjaan penduduk di desa Mekar Sari mayoritas 90% adalah petani, adapun yang lainnya ada honorer, pedagang dan ada yang PNS. Untuk agama mayoritas 100% islam.

Partisipasi masyarakat sangat tinggi menyambut Lomba Desa tingkat Kabupaten ini, kita adakan jadwal pengajian islamiyah ibu ibu di minggu pertama dan kedua, dan gotong royong di minggu kedua dan keempat, untuk minggu ketiga kita isi dengan pengajian biasa. Bakti sosial dan kerukunan lingkungan juga masih ada di didesa Mekar Sari.

Kami pemerintah desa Mekar Sari sangat berterimakasih kepada pemerintah kecamatan Way Sulan karena telah diberi kepercayaan untuk mengikuti lomba desa mewakili desa lainnya yang ada di kecamatan Way Sulan. Ini merupakan kebanggan kami menjadi warga desa Mekar Sari.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang sudah memberikan dorongan dan bantuan kepada warga masyarakat Mekar Sari dengan progam kependudukan, dimana masyarakat yang akan membuat kartu keluarga (KK), Akte kelahiran, akte kematian dan surat pindah sekarang bisa di kantor desa Mekar Sari dan kami beri nama Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa (PAK KADES).

“Trimakasih pak bupati Nanang Ermanto program ini sangat membantu masyarakat desa Mekar Sari yang akan mengurus identitas kependudukan tidak harus ke Kabupatentetapi bisa di kantor desa”. Tutupnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Winarni Nanang Ermanto dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada camat Way Sulan Munir S.E dan jajarannya karena telah memilih desa Mekar Sari untuk mengikuti lomba desa tingkat kabupaten.

Juga saya ucapkan rasa terimakasih kepada kepala desa Mekar Sari beserta aparatur desa yang bersedia mewakili kecamatan Way Sulan untuk ikut lomba desa. Desa Mekar Sari sudah sangat siap untuk mewakili kecamatan Way Sulan, dan sudah pasti menjadi desa unggulan dan desa terbaik di kecamatan Way Sulan ini, kalau tidak unggul tidak mungkin dipilih mewakili kecamatan.

Dengan mengusung tema mari kita percepat pembangunan desa dengan menciptakan inovasi dan mengembangkan ekonomi kreatif di desa, hari ini desa Mekar Sari sudah sangat siap di nilai oleh tim penilai kabupaten Lampung Selatan.

Semangatnya desa dan partisipasi masyarakat Mekar Sari sangat luar biasa, tetapi penilaian lomba desa ini bukan hanya dari partisipasi masyarakat nya, nanti akan diperiksa administrasinya, karena ada beberapa bidang yang kami jadikan penilaian oleh tim penilai. Dan nilai nilai tersebut akan mengahasilkan angka, angka tersebutlah yang akan menentukan siapa juara kabupaten nya.

Di desa Mekar Sari ini tadi disebutkan 90% masyrakatnya adalah petani, semoga akan lahir petani petani milenial dari desa Mekar Sari. Walaupun desa pertanian tetapi dengan pertanian ini bisa menjadikan atau dipromosikan menjadi desa wisata, dan bisa menjadikan pendapatan desa.

Mari semua masyarakat desa Mekar Sari,kita berinovasi supaya bisa mendatangkan orang luar untuk berwisata dan bisa bermanfaat serta bisa menghasilkan PAD.

Kalau nanti setelah di nilai ternyata desa Mekar Sari gagal menjadi juara tingkat kabupaten, kalau tahun 2023 belum berhasil, tahun depan dicoba lagi dengan memperbaiki kekurangan kekurangan serta pembenahan untuk lomba tahun 2024.

Mewakili bupati Lampung Selatan, Plt.Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarti dalam sambutannya menyampaikan hari ini desa Mekar Sari adalah titik yang ke-7 yang kami nilai dalam lomba desa tingkat kabupaten Lampung Selatan ini.

Saya sangat memberikan apresiasi kepada kecamatan Way Sulan yang sudah menunjuk desa Mekar Sari mengikuti lomba desa tingkat kabupaten tahun 2023 dan yakin bahwa desa Mekar Sari sudah siap untuk dilakukan penilaan dan memberikan kreatifitas terbaiknya dalam lomba desa ini.

Tim penilai yang akan menilai kegiatan lomba desa bulan bakti gotong royong yang telah menetapkan empat penilaian yaitu bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya, bidang agama dan bidang lngkungan. Dengan empat elemen ini nilai nilai budaya bangsa dapat dilestarikan dengan bentuk bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM).

Yanny meminta kepada Tim penilaian untuk melakukan penilaian sesuai jiwa dan semangat revormasi, memberikan penilaian secara objektif,dan selektif sehingga nantinya akan benar benar menghasilkan desa juara yang berprestasi untuk mewakili kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai ini.

Semoga penilaian lomba desa ini dapat berjalan lancar dan sukses. Tutupnya. (Pendi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini