Hadiri Pelatihan BP3MI di Desa Bumidaya, Bunda Win: Perempuan Dapat Mengangkat Ekonomi Tanpa Meninggalkan Keluarga

0
153

PALAS-(wartaselatan.com)

Badan Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Lampung, melaksanakan Pelatihan Kewiraushaan Pekerja Migran di Desa Bumidaya Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (09/03/2023).

Pelatihan yang di khususkan kepada para pekerja luar negeri yang telah kembali ke Indonesia, di laksanakan selama 4 hari mulai tanggal 7 hingga 10 Maret 2023 di Desa Bumi Daya.

Ahmad salabi, Ketua BP3MI Provinsi Lampung menjelaskan, pelatihan tersebut dikhususkan untuk para pekerja luar negeri yang telah kembali ke Indonesia agar mereka memiliki kemampuan dan keterampilan.

“Mudah-mudahan pelatihan yang mereka dapatkan bisa diterapkan di kehidupan mereka sehari hari dan mampu meningkatkan ekonomi keluarga tanpa meninggalkan keluarga,” ucap dia

Dengan mengikuti pelatihan para pejerja luar negri yang telah pulang ke rumah halamanya mereka tidak lagi kembali ke luar negeri, mengingat jauh dari keluarga terutama anak dan suami.

“dengan adanya pelatihan ini para pekerja ini menetap di Desa dengan memnafaatkan pelatihan yang diterima untuk membantu perekonomian keluarga. Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, nampak hadir dalam pelatihan tersebut, di dampingi Camat Palas, Ns. Rosalina M.Kep, dan para pejabat lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Menurut Winarni, pelatihan para pekerja migran sangatlah penting untuk membangun kemampuan dan keterampilan para pekerja migran agar bisa menggunakan kemampuan tersebut dalam meningkatkan perekonomian keluarga tanpa harus bekerja di luar negeri.

“Pelatihan ini perlu mereka dapatkan agar digunakan untuk meningkatkan perekonomian keluarga tanpa harus bekerja di luar negeri,” kata Winarni.

Lebih lanjut Winarni mengatakan bahwa anak-anak perlu didikan dari seorang ibu untuk tumbuh kembang maka dari itu butuh sosok seorang ibu, perempuan bukanlah tulang punggung namun kebutuhan keluarga juga di butuhkan keahlian dalam membantu perekonomian keluarga tanpa meninggalkan keluarga.

“keluarga butuh adanya sosok perempuan, maka itu tanpa meninggalkan keluarga perempuan harus mempunyai keahlian dalam membatu mencari ekonomi tanpa harus keluarga mereka,” ucap winarni

Pelatihan ini sejalan dengan program PKK dengan ikut berupaya mensejahterakan keluarga dan bisa memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan produktif dengan memiliki K3 yaitu kandang, kolam dan kebun.

“sebagai salah satu program PKK untuk perempuan turut membantu perekenomian keluarga salah satunya memanfaatkan lahan pekarangan rumah menjadi lahan yang produktif.” pungkas Winarni. (Sriwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini