Pemdes Mekarsari Sambut Peserta KKN Mahasiswa UIN Radin Intan Lampung

0
182

WAY SULAN-(wartaselatan.com)

Pemerintah Desa (Pemdes) Mekar Sari Kecamatan Way Sulan Lampung Selatan menggelar kegiatan penyambutan Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahum 2023 di desa Mekar Sari kecamatan Way Sulan kabupaten Lampung Selatan. Rabu (12/07/2023)

Penyambutan Mahasiswa dipimpin langsung oleh Kepala desa Mekar Sari Miftahudin S.Pd.i, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Nofiyanti M.A, 28 Mahasiswa KKN 2023, Ketua TPPKK desa Mekar Sari, Pendamping desa, Kadus, RT dan Mitra desa.

Dalam sambutannya Kepala desa Mekar Sari Miftahudin mengatakan selamat datang buat ibu DPL dan Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung yang akan melaksanakan KKN Tahun 2023 di desa Mekar Sari.

Dalam hal ini DPL telah menyerahkan Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung untuk melaksanakan KKN di desa kami, INSYAALLAH kami menerima Mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di desa Mekar Sari selama 40 hari.

Mudah mudahan Mahasiswa KKN ini bisa menjalankan tugasnya, bisa menjalankan segala program programnya di desa Mekar Sari. Kalau sudah punya programnya mudah mudahan nanti bisa dilaksanakan dan juga bisa membaur dengan program program yang ada di desa.

Mudah mudahan Mahasiswa KKN ini bisa beradaptasi, kalau selama ini hidupnya di kota sekarang hidupnya di desa. Adaptasinya mungkin berbeda dari budaya, kebiasaan dan juga mungkin sarana dan prasarana yang berbeda juga. Kalau di kota kan serba ada, mau makan atau apa tinggal pesan online, tapi kalau didesa mau makan harus masak dulu, tetapi ini juga bisa melatih diri dan untungnya bisa mendapatkan kemandirian juga untuk belajar menata diri dan menata waktu.

Didesa Mekar Sari ini ada ISMI (Ikatan Santri Mekar Sari) ininmenggagas setiap tahun itu ada kegiatan menjelang Muharram atau Tahun Baru Hijriyah, kurang lebih satu minggu lagi. Nanti semoga Mahasiswa KKN bisa ikut berpartisipasi bergabung untuk menjalankan dan mensukseskan acara tersebut dan sebentar lagi juga banyak kegiatan program desa melalui Karang Taruna.

Harapan kami Mahasiswa KKN juga bisa membantu kami yang ada di desa tentunya, dengan adanya Mahsiswa KKN nanti bisa membantu melayani masyarakat juga aparatur desa. Dan kami dari Pemerintah desa Mekar Sari juga bisa membantu apa yang sekiranya yang bisa kami perbuat dan apa yang bisa dibantu oleh kami, tinggal koordinasikan saja pada kami. Dan untuk tempatnya nanti Mahasiswa KKN tinggal di Dusun 01 yang kemaren sudah dikondisikan oleh pak Sekdes. Mudah mudahan tidak hanya sebatas KKN, tetapi setelah KKN juga kita masih tetap jadi saudara. Tutup Miftahudin.

Ditempat yang sama Dosen Pendamping Lapangan Nofiyanti M.A mengatakan bahwa Mahasiswa UIN Raden Intan Tahun 2023 yang mengikuti KKN secara langsung ke desa saat ini, adalah yang pertama karena kita sudah Tiga tahun melaksanakan secara Online, terakhir KKN langsung 2019 karena ada Pandemi Covid 19.

Terima kasih kepada desa Mekar Sari yang sudah menerima kami dengan baik Mahasiswa KKN yang sudah dipersilahkan mereka untuk mengabdi selama 40 hari kedepan. Saya mohon bimbingannya dan arahannya kepada Kepala desa beserta Jajarannya maupun masyarakat desa Mekar Sari.

Jika nanti dalam pelaksanaan KKN, Mahasiswa saya khususnya Mahasiswa bimbingan saya ada hal yang tidak baik bolehlah untuk ditegur untuk kebaikan kedepannya. Selama saya sudah Lima tahun menjadi DPL itu menjadi kesan yang luar biasa.

Nofiyanti berpesan kepada Mahasiswa bimbingannya supaya selalu menerapkan Adab, adab sopan terhadap yang lebih tua. Saya mohon untuk kalian semua Mahasiswa KKN sekarang ini berada di desa bukan desa sendiri tetapi kalian akan mengabdi di desa Mekar Sari selama 40 hari, tolong jaga adab kalian ketika kalian akan KKN disini, itu perlu ditekankan, ketika adab baru ada adab ilmu, tetapi kalau berilmu tapi tak beradab itu kosong tetapi orang yang beradab pasti punya ilmu, jaga nama baik dan almamater kita di Bandar Lampung selama 40 hari kedepan.

Nanti setelah 40 hari dan KKN kalian selesai, jaga tali silaturahmi, komunikasi dengan desa Mekar Sari jangan sampai terputus, saya tahun 2005 KKN di desa Kedondong, sampai saat ini masih berkomunikasi dengan aparatnya dan masyarakatnya. Semoga Kalian bisa seperti itu bisa menjaga tali silaturahmi, karena yang namanya komunikasi itu penting, ketika komunikasi kalian sudah tidak baik maka kedepannya juga pasti tidak baik.

Kami mohon arahannya kepada Kepala desa dan jajarannya untuk bisa membimbing Mahasiswa saya selama 40 hari kedepan selama KKN ini, ketika nanti ada kesalahan atau perlu arahan tolong di arahkan, karena selama 40 hari ini mereka akan belajar mengabdi di desa Mekar Sari. Tutup Novianti. (Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini