Bupati Lamsel Lantik Kades Banjarsari dan Kades Purwodadi Kecamatan Way Sulan

0
303

WAY SULAN-(wartaselatan.com)

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto Pimpin pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala desa terpilih hasil pemilihan Kepala desa serentak gelombang II Tahun 2023 di Lampung Selatan. Desa Banjar Sari dan desa Purwodadi Kecamatan Way Sulan Disatukan dengan Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK desa Banjar Sari dan Purwodadi kecamatan Way Sulan bertempat di Lapangan Sepak Bola desa Banjar Sari, (Kamis 14/09/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Winarni Nanang Ermanto, Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, Ketua TP PKK Kecamatan Way Sulan Noor Hayanah, Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Way Sulan, Camat Way Sulan Munir S.E, Danramil Katibung Lettu Inf Tatang Suherman,Wakapolres Lampung Selatan, Kapolsek Katibung Akp Aos Kusni Falah, Anggota DPRD Lampung Selatan, Pejabat Struktural Kabupaten Lampung Selatan, Kepala desa se-Kecamatan Way Sulan, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tim Pemenang Kepala desa terpilih serta Tamu Undangan.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan alhamdulilah Pilkades serentak gelombang II pada tanggal 31 Agustus 2023 di kecamatan Way Sulan berjalan baik dan lancar.

Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala desa selama menjabat PJ telah melaksanakan pembentukan Tim panitia desa bersama BPD, alhamdulilah pelaksanaan Pilkades serentak gelombang II Tahun 2023 berjalan baik dan lancar, juga saya ucapkan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, seluruh elemen masyarakat atau Tim pemenangan yang pada hari ini mengantarkan Kades terpilih untuk menyaksikan Pelantikan bersama Ketua TP PKK desa.

Juga saya ucapkan terimakasih kepada jajaran Forkopimda, Forkopimcam kecamatan yang bersama sama bagaimana bisa terlaksananya Pilkades ini dengan aman dan kondusif. Ini semua berkat kesibambungan dan kolaborasi bersama sehingga acara pelaksanaan pesta demokrasi Pilkades serentak gelombang II dari 42 Kepala desa se-Kabupaten Lampung Selatan bisa berjalan dengan baik.

Kita patut bersyukur bapak ibu sekalian, apa yang telah kita laksanakan untuk mencari sosok pemimpin di desa saat ini sudah dilantik dari dua desa tersebut.

Nanang berpesan kepada dua Kades terpilih, hilangkan permusuhan dan perpecahan saat ini setelah bapak dan ibu Kades dilantik pada saat ini, tidak ada lagi kubu kubuan, tidak lagi itu bukan pendukung saya, tidak ada lagi itu yang bersebrangan dengan saya. Pada saat ini Kades sudah mempunyai tanggung jawab beban yang berat mengemban tugas bagaimana menjaga kondusifnya dan memajukan desa bapak ibu Kades sekalian.

Zaman sekarang ini lebih bagus dari zaman dahulu, sekarang ini sudah banyak musyawarahnya, para tokoh para pendukung Kades terpilih harus bisa memberikan kesejukan memberikan ketenangan dalam memimpin desanya masing masing.

Mudah mudahan dengan dukungan bapak bapak dan ibu sekalian ini mereka terpilih tapi dibantu juga dengan kesejukan untuk membangun desanya dengan kebersamaan, menjaga keutuhan satu persatuan dan kesatuan, hilangkan perbedaan dan hilangkan perpecahan diantara masing masing masyarakat kita.

Beri masukan tang baik baik, karena pada saat ini yang dihadapi oleh Kades terpilih ini adalah tantangan yang sangat berat. Bagaimana bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi desa, bagaimana meningkatkan indeks pembangunan manusianya, bagaimana kita meningkatkan sumberdaya manusianya, ini yang harus dilakukan saat ini.

Sekarang ini adalah dunia digital, perlu suatu orang yang benar benar menguasai aplikasi aplikasi, memang ini yang dibutuhkan, yang perlu dinilai adalah suatu kinerja yang baik bukan pinternya yang bisa mengimplementasikan sebagai pelayannya rakyat, karena kita ini adalah pelayan rakyat, tutup Nanang.

Ditempat yang sama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto yang sudah menyatukan acara Pelantikan Kepala desa dengan Pelantikan Ketua TP PKK desa.

Winarni mengatakan untuk Kepala desa yang sudah dilantik supaya bisa membangun desanya, Harus bergerak terus untuk memajukan desa, karena tanggung jawab seorang Kepala desa itu sangat besar. Juga untuk bisa mendukung PKK desa nya agar lebih maju kedepannya.

Saya ucapkan selamat kepada Kepala desa Purwodadi Sumarsono dan Kepala desa Banjar Sari Abdul Kholik yang sudah dilantik oleh pak Bupati, dan selamat kepada ketua TP PKK desa yang sudah dilantik oleh Ketua TP PKK kecamatan Noor Hanayah.

Semoga setelah Pelantikan hari ini bisa menjadi kekuatan dan semangat untuk menjadi pemimpin di desanya, sehingga membawa desa Purwodadi dan Banjar Sari menjadi kuat maju dan sejahtera masyarakatnya.

Saya selaku ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran PKK kecamatan khususnya ibu ketua, yang hari ini telah melakukan Pelantikan ketua TP PKK desa. Saya juga ucapkan terima kasih kepada jajaran pemerintah daerah Lampung Selatan khususnya Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang juga hari ini bisa mengikutsertakan dilantiknya hari ini Ketua TP PKK desa yang dibarengkan dengan Pelantikan Kepala desa.

Karena dari hasil Rakernas Tahun 2021 untuk pelantikan ketua TP PKK desa bisa dilakukan atau boleh dilaksakan oleh ketua TP PKK kecamatan. Kalau dulu saya yang Lantik tetapi menurut hasil Rakernas PKK ke-9 Tahun 2021 itu yang melantik ketua TP PKK desa adalah ketua TP PKK kecamatan atau yang mewakili dari TP PKK kecamatan.

Selain efisien, juga untuk ketua TP PKK desa bisa ikut langsung terjun melaksanakan tugasnya, gerakan PKK desanya bisa ikut mendukung kinerja Kades, juga untuk mendukung pembangunan di segala sektor didesanya masing masing. Terimakasih pak Bupati sudah dibarengkan Pelantikannya, ucap Winarni.

Pelantikan Kepala desa dab juga Pelantikan ketua PKK desa ini konsekuensinya adalah perubahan jajaran pengurus PKK desa, tambah Winarni.

Saya selaku ketua TP PKK kabupaten berharap membentuk jajaran TP PKK desa atau merubah tolong mengedepankan untuk gerakan PKK lebih baik. Kalau memang jajaran pengurus PKK yang lama masih bisa diberdayakan ya diberdayakan, khususnya untuk sekertaris, mohon dicari untuk yang paham ITE, karena sekarang laporan atau gerakan gerakan PKK atau informasi informasi yang didapat dari PKK Kecamatan, Provinsi sekarang melalui aplikasi semua.

Di era digital ini kita pakai aplikasi, apapun itu pakai ITE, maka untuk sekertaris khususnya kalau yang lainnya bebas, kalau lebih paham ITE semua itu lebih bagus. Untuk jajaran pengurus PKK yang lama, kalau sekertarisnya yang lama belum paham ITE jangan diberhentikan juga, tapi cari wakil sekertarisnya yang paham ITE, agar informasi gerakan PKK bisa cepat diterima dan dipahami.

Bentuklah TP PKK Desa yang solid, agar bisa masif gerakannya bentuklah Dasawisma. Jadi secara tekhnis untuk pembentukan Dasawisma untuk oelaksanaan gerakan PKK dakam melaksanakan 10 program pokok PKK dengan empat Pokjanya dengan pasukan Dasawismanya nanti ada pembinaan di bulan November. Pembinaan dari TP PKK Kabupaten dan untuk semua kecamatan untuk membina TP PKK desa.

Evaluasi untuk TP PKK desa yang lama, apa yang dilaksanakan gerakannya dari pembinaan TP PKK diTahun 2022. Kita evaluasi untuk melengkapi supaya gerakan PKK ini lebih masif dan untuk peran kita selaku TP PKK dari tingkat Kabupaten Kecamatan dan Desa harus bergerak serentak harus masif dalam ketingkat Dasawisma agar bisa dilakukan pemberdayaan ditingkat keluarga, karena bunyinya PKK ini adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Maka peran PKK dengan 10 program pokok PKK nya harus mensejahterakan keluarga keluarga yang ada di kabupaten Lampung Selatan khususnya di kecamatan Way Sulan. Kalau keluarga keluarganya sudah diberdayakan, semua sehat maju tangguh dan keluarganya sejahtera baru desanya bisa kuat maju dan sejahtera masyarakatnya.

Mohon untuk Kepala desa tolong untuk diperhatikan TP PKKnya, jangan diremehkan, karena saya selalu menilai mana Kades yang benar benar mendukung gerakan PKK atau tidak, tetapi di kecamatan Way Sulan ini semua mendukung, tutup Winarni. (Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini