Jempol Deh, Kades Sidorejo Lakukan Normalisasi Kali Secara Mandiri

0
1288
Img 20231217 Wa0040

LAMSEL-(wartaselatan.com)

Dalam rangka mencegah terjadinya musibah banjir diwilayahnya, kepala desa Sidorejo Sutiyanto melakukan Normalisasi kali sepanjang 1 Km, Minggu (17/12/2023).

Pelaksanaan Normalisasi yang dilakukan diwilayah dusun 4, dusun 5 dan dusun 7, dilaksanakan secara bergotong royong antara Aparatur desa, anggota Koramil 421-07/SDM dan masyarakat. Begitu juga anggaran yang digunakan berasal dari aparatur desa, TNI dan warga masyarakat setempat.

Hadir dalam pelaksanaan Normalisasi kali desa Sidorejo tersebut, Kepala desa Sidorejo Sutiyanto, Babinsa desa Sidorejo Sertu Saryono, para kepala dusun dan warga masyarakat dusun 4, dusun 5 dan dusun 7.

Kepala desa Sidorejo Sutiyanto mengatakan bahwa pelaksanaan Normalisasi kali Sidorejo sepanjang 1 Km dipusatkan ditiga dusun yakni dusun 4,5 dan dusun 7. Sedangkan anggaran yang digunakan berasal dari aparatur desa Sidorejo, TNI dan warga masyarakat setempat.

Normalisasi tersebut dilaksanakan lanjut Sutiyanto, adalah bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir, khususnya pada musim penghujan. Mudah – mudahan dengan telah dilaksanakan Normalisasi tersebut musibah banjir tidak menimpa kembali warganya.

Sutiyanto menyebut bahwa, sebelumnya pihaknya sudah tiga kali mengirimkan surat permohonan Normalisasi kepada pemerintah daerah kabupaten Lampung Selatan.

Namun hingga saat ini belum ada balasan atau tindak lanjutnya. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya musibah banjir diwilayahnya, pihaknya bersama warga masyarakat serta TNI bergotong-royong melakukan Normalisasi diwilayahnya

” Sudah tiga kali kami kirim surat permohonan Normalisasi kepada Pemkab Lamsel, namun belum ada tindak lanjutnya “

Akhirnya untuk mencegah musibah serupa, kami aparatur desa, masyarakat dan TNI (Koramil 421-07/SDM* Res) patungan (sum Suman) mendatangkan alat berat untuk melakukan Normalisasi didesanya. ” ujar Kades Sutiyanto.

Ditempat yang sama Sertu Saryono kepada media ini menjelaskan bahwa sebagai anggota Babinsa, pihaknya tidak hanya menjaga stabilitas Kamtibmas. Namun juga untuk mendengarkan keluhan dan kondisi masyarakat diwilayah teritorialnya.

Oleh sebab itu, setelah melakukan musyawarah bersama aparatur desa dan masyarakat tentang kegiatan Normalisasi kali, pihaknya langsung melaporkan kepada pimpinan dan ditindak lanjuti.

” Pada Musim penghujan Lalu Wilayah ini menjadi daerah Terdampak Banjir “

Seperti diketahui bahwa wilayah dusun 4, dusun 5 dan dusun 7 tersebut, pada musim penghujan sebaliknya menjadi wilayah yang terdampak banjir.
Oleh karena itu dengan telah dilakukanya Normalisasi tersebut daerah ini tidak lagi terdampak banjir ” ucap Babinsa desa Sidorejo ini. (Cak Ton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini