Antrian Panjang Arus Balik Mudik Lebaran 2023 Tidak Terjadi Lagi di Pelabuhan Bakauheni

0
186

BAKAUHENI-(wartaselatan.com)

Antrian panjang para pengendara kendaraan bermotor arus balik  para pemudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni sudah bukan pemandangan yang sebelumnya terjadi di area pelabuhan Bakauheni pada saat perayaan hari raya Idul Fitri seperti sekarang ini.

Seperti biasa sebelumnya, antrian dan penumpukan kendaraan dan penumpang saat Mudik dan Arus Balik Lebaran selalu terjadi hingga berkilo kilo meter, bahkan terkadang pengendara harus menginap dipelabuhan atau dipinggir jalan sekitar pelabuhan Bakauheni.

Belajar dari semua itu, pihak kepolisian dan instansi terkait melakukan inovasi yakni dengan melakukan penyekatan dan pembagian jalur para pengendaran sesuai jenis kendaraan, juga penerapan aturan bagi pengguna jasa penyebrangan pelabuham Bakauheni yang mengharuskan agar pengendara dan penumpang membeli tiket sebelum masuk Pelabuhan di loket loket yang telah tersedia diberbagai tempat disepanjang JTTS dan Jalan Trans Sumatera.

Para petugas dari polres Lampung Selatan yang selalu siap melakukan pengaturan lalu lintas dan menjaga keamanan dan kenyamanan para pemudik, baik diarea Pelabuhan Bakauheni ataupun selama perjalanan para pemudik yang akan Mudik dan kembali lagi ketempat tugasnya.

Jajaran kepolisian dari Polres Lampung Selatan, secara terus menerus mengatur kendaraan yang akan masuk pelabuhan Bakauheni dan juga kendaraan yang akan naik ke kapal untuk melanjutkan perjalananya.

AKP Yani Deviyanti menyampaikan ke Media wartaselatan.com  mengatakan bahwa kendaraan yang mau naik kapal yang tadinya acak acakan  dan tidak teratur saat mau naik kapal, sekarang kita kumpulkan dulu jadi satu, setelah kapal datang dan siap baru kita arahkan ke dermaga mana kapal yang siap.

“Kita atur supaya rapi dan tidak terjadi penumpukan kendaraan yang tidak teratur, juga untuk menghindari kemacetan panjang di area pelabuhan, motor mobil bahkan bus jadi satu dan bisa berakibat kecelakaan” Tutur Mak Yani sapaan akrabnya.

Dengan cara seperti ini ribuan kendaraan roda dua, roda empat dan bus kita atur dulu dijadikan satu dan setelah kapal siap kita arahkan para pengendara secara bergantian secara teratur sehingga tercipta suasana yang aman, lancar dan kondusif .

” Kami berupaya agar antrian panjang dan penumpukan kendaraan tidak terjadi lagi ” Tutup Yani, Rabu (26/4/2023) kemarin.

Nisa (34) pengendara asal Natar sangat berterima kasih kepada Polres LamSel, terimakasih bapak/ibu polisi yang sudah mengatur para pemudik yang akan menyebrang ke pulau Jawa, walaupun menunggu tetapi tidak panas, disediakan tenda dan bisa langsung naik kapal tanpa harus berdesak desakan dengan mobil.

Kalau seperti ini kan para pengendara tidak rebutan saat mau naik kapal, langsung saja ikut arahan bapak dan ibu polisi harus naik kapal di dermaga berapa, dan tidak ada yang kebut kebutan. Tutup Nisa. (Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini