Lengkapi Kelengkapan kendaraan, Polisi Akan Gelar Razia Gabungan dan Tilang Manual Akan Diberlakukan Kembali Bagi Pelanggar

0
1138

LAMPUNG SELATAN-(wartaselatan.com)

 Satuan Lalulintas Polres Lampung Selatan (Sat Lantas Polres Lamsel), berencana menggelar pemeriksaan kendaraan (razia) dan memberlakukan sanksi tilang manual serta sidang ditempat. Selasa 16/5/2023.

Kasat Lantas Polres Lamsel, AKP Jonniver Yolandra mengatakan, pemeriksaan kendaraan bermotor akan dilakukan bersama TNI, Polisi Militer, Dishub, Sat Pol PP, BPKAD dan Jasa Raharja serta Pengadilan Negeri Kalianda.

“Ya betul. Rencananya akan dilaksanakan pada hari Senin dan Rabu tanggal 22 Mei dan 24 Mei 2023,” ujar Kasat Lantas mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin, saat dikonfirmasi.

Jonniver melanjutkan, penindakan tilang manual mengacu Surat Telegram Kapolri Nomor ST/830/IV/HUK.6.2./2023 tertanggal 12 April 2023.

“Ada 12 sasaran prioritas pelanggaran lalu lintas yang akan diberikan sanksi tilang manual dan langsung sidang ditempat,” sambungnya.

Jonniver merincikan, 12 pelanggaran lalu lintas yang menjadi incaran petugas gabungan meliputi pengendara dibawah umur lalu berboncengan lebih dari satu orang. Juga, pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, menerobos lampu merah serta pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI.

“Kemudian, pengendara yang melawan arus, melampaui batas kecepatan dan berkendara dibawah pengaruh alkohol akan ditindak petugas. Tilang manual juga berlaku untuk pengendara yang menggunakan kendaraan bermotor tidak sesuai spekte yaitu spion, knalpot, lampu utama, rem, lampu petunjuk arah,” timpal Jonniver.

Selanjutnya, penggunaan kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan peruntukannya, kendaraan bermotor yang over dimention dan over load atau ODOL serta pengendara yang menggunakan kendaraan bermotor tanpa NRKB atau NRKB palsu.

Disoal lokasi pemeriksaan gabungan pada tanggal 22 Mei dan 24 Mei 2023, Jonniver menjawab begini, “Masih ditentukan”, jelasnya. (*/Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini