Bupati Lamsel Buka Katibung Fair 2023 di Desa Sukajaya

0
428
Img 20231108 Wa0035

KATIBUNG- (wartaselatan.com)

Bupati H. Nanang Ermanto membuka langsung kegiatan Katibung Fair Tahun 2023 di lapangan PPCL Desa Suka Jaya Kecamatan Katibung Lampung Selatan, (Rabu 08/11/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Para Kepala Dinas Kabupaten Lampung Selatan, Para Pejabat Pemda Lampung Selatan, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Selatan, Anggota Dewan dari Fraksi Hanura Dapil 7 Joko Purnomo Spd, Camat Katibung Abdurrahman S.Kom.MM, Para Camat se-Lampung Selatan, Danramil Katibung Kapten Inf Sobirin, Kapolsek Katibung AKP Aos Kusni Palah SH, KUPT seKecamatan Katibung, Kepala desa seKecamatan Katibung, Ketua TP PKK Kecamatan Katibung Lita S.E, Ketua TP PKK Desa seKecamatan Katibung, Aparatur desa seKecamatan Katibung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, Pemimpin Perusahaan seKecamatan Katibung, Tamu Undangan.

Ketua Panitia Katibung Fair Tahun 2023 Mislan Irfandi (Kepala desa Babatan) mengatakan semoga bapak Bupati selalu di berikan kesehatan sehingga bisa memimpin Lampung selatan ke arah yang lebih baik dan lebih maju lagi.

Pada hari ini kami di Katibung melaksanakan acara Katibung Fair 2023 yang ini adalah program bapak Bupati untuk menggugah para pelaku pelaku usaha UMKM untuk lebih maju lagi memproduksi produk produk usaha nya sehingga lebih berkembang dan untuk memajukan perekonomian khusus nya di kecamatan Katibung untuk lebih baik lagi dan semoga ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun Sehingga untuk menjadikan Katibung lebih baik lagi kedepannya, tutupnya.

Ditempat yang sama, Camat Katibung Abdurrahman S.Kom.MM mengatakan, kami ucapan terima kasih kepada bapak Bupati H.Nanang Ermanto Yang sudah memprogramkan acara ini dan kami Mohon maaf bila ada penyambutan tempat dan yang lain nya yang kurang berkenan.

Dengan adanya Katibung Fair Tahun 2023 ini banyak sekali Pelaku usaha di kecamatan Katibung Yang ingin sekali Mempromosikan karya karya usaha dan seni budaya nya kedepan untuk menjadikan Katibung lebih baik lagi.

Sebagai laporan bahwasan nya di Katibung Fair Tahun 2023 ini ada terdiri dari 68 Stan, yang terdiri dari Stan desa sekecamatan Katibung, Stan Pelaku Usaha UMKM Stan Kecamatan Stan Koramil, Stan Polsek Katibung, Stan KUPT dan Stan Sekolahan dan perusahaan yang ada di kecamatan katibung, tutupnya.

Dalam sambutannya Bupati Lampung selatan H.Nanang Ermanto menghaturkan permohonan maaf Yang seyogya nya Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Bunda Winarni Nanang Ermanto hadir dalam kegiatan ini, akan tetapi tidak bisa hadir dikarenakan lagi ada keperluan di luar kota Yaitu menerima penghargaan Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) tingkat Nasional di Jakarta.

Mudah mudahan pada hari ini pembukaan sampai dengan penutupan selama 4 Hari ini Bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Seharian penuh ini saya melaksanakan pembukaan acara seperti ini di 3 (Tiga) kecamatan yaitu kecamatan Katibung, Kalianda dan Way Panji”.

Dengan adanya Kecamatan Fair seperti ini kita bisa menunjukan potensi potensi usaha dan UMKM yang ada di desa desa se kecamatan, bagaimana kita bisa membrendingnya ,bisa memperkenalkan ke desa desa dan kecamatan lainnya.

“Tujuan dan arahan kita mengadakan Kecamatan Fair ini adalah untuk mengetahui potensi potensi dari tingkat RT, Dusun, Desa Kecamatan dan Kabupaten, disini hasilnya apa, untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat kita. Ini adalah tugas Camat dan Kepala desa, maka dari itulah saya mohon kepada camat dan kepala desa untuk selalu mendukung kegiatan ini supaya pelaku tersebut bisa meningkat kan perekonomian untuk lebih baik lagi”.

Ini Tim mungkin agak kesulitan untuk penilaian, mana yang akan mendapatkan suatu reward, hadiahnya mungkin nanti pak Herdy akan memberikan sesuatu yang luar biasa. Hadiah ini bukan bentuk kemenangan, tetapi sebuah bentuk apresiasi Pemerintah Daerah kepada seluruh Kepala desa, Camat yang memberi suatu kreativitas inovasi inovasinya untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi.

Bapak ibu semua, perlu diketahui Kabupaten Lampung Selatan dari Tahun 2022 sampai sekarang perekonomiannya tetap stabil dengan angka disektor UMKM nya, jadi akibat dari gejolak inflasi ini kita harus benar benar kreatif, bagaimana inflasi ini tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sampai tingkat desa. Dengan adanya Kecamatan Fair ini mudah mudahan pertumbuhan ekonomi kita dengan gejolak inflasi saat ini kita masih dapat merasakan pertumbuhan ekonomi yang begitu baik.

Lampung Selatan ini kita tetap stabil dengan angka 3,4 sampai 4%, stabilitas pertumbuhan ekonomi bisa kita lihat dari tumbuh dan berkembangnya sektor UMKM yang ada pada hari ini. Nah inilah pentingnya bapak ibu sekalian, dalam situasi kita harus diikuti perkembangan perkembangan Dunia, perkembangan perkembangan Negara, apa yang akan terjadi jangan sampai inflasi ini terjadi sampai tingkat desa terjadi tidak adanya pertumbuhan ekonomi.

Maka saya yakin pada bapak ibu sekalian bagaimana kita menyatukan persepsi kita, menyatukan pemikiran kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sampai tingkat desa dan saya terimakasih kepada seluruh pelaku pelaku usaha, pengusaha pengusaha yang ada di kecamatan Katibung, inipun peran serta bapak ibu semua untuk membantu bagaimana pertumbuhan ekonomi dikecamatan yang bapak mempunyai suatu perusahaan perusahaan di sekitar perusahaan yang kita untuk usaha di sekitar Katibung ini.

Saya melihat kecamatan Katibung ini cukup berkembang kemajuan sektor UMKM nya, di Tahun 2022 ini ada pelaku UMKM 254 dan di Tahun 2023 ini meningkat sehingga menjadi 304 pelaku UMKM. Dari 254 menjadi 304 nah ini tandanya Katibung sudah meningkat UMKMnya dengan baik.

Saya mengapresiasi juga pada kecamatan Katibung yang pada saat ini bergotong royong menyediakan fasilitas lapangan ini, saya tanya pada pak Camat tadi ini lahannya siapa, ini adalah lahan milik Provinsi seluas 11Hektare. Ini kalau kita bisa manfaatkan bagaimana Provinsi Lampung bisa menghibahkan untuk kecamatan Katibung sehingga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kegiatan, fasilitas apapun di lokasi tersebut akan kita upayakan Bagian Aset nanti tolong dipelajari bagimana aset aset yang ada di Provinsi yang tidak bermanfaat bisa kita manfaatkan untuk masyarakat kita dan untuk kemajuan daerah kita. Nanti kalau Camat sudah bisa memanfaatkan lahan ini, Provinsi pasti akan memberikan ketika lahan itu dimanfaatkan.

Ini merupakan tonggak sejarah bahwa kecamatan ini butuh suatu lokasi untuk bagaimana kita mengembangkan pertumbuhan ekonomi dan seni budayanya.

Mudah mudahan dengan adanya kecamatan Katibung Fair ini bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat untuk kita semua.

Nanang Ermanto berpesan kepada masyarakat yang hadir bahwa Tahun ini adalah Tahun politik, kita jangan bisa di adu domba, terjadi perpecahan perpecahan. Hanya segelintir orang yang ingin memanfaatkan bangsa ini terjadi perpecahan, maka bagaimana kita menjaganya yaitu kita tetap untuk bagaimana kit tetap cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Ini yang wajib kita jaga, kalau hal ini bisa kita jaga INSYA ALLAH keutuhan negara ini bisa kita jaga untuk generasi anak anak kita yang akan datang.

Tujuannya adalah untuk generasi unggul generasi yang kita persiapkan generasi emas yang akan memimpin Republik ini adalah generasi kedepan yang harus diperkuat dengan pondamen pondamen yang kuat yaitu tentang wawasan kebangsaan. (Pendi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini