Komisioner KPU Lamsel Bersama PPK Palas Supervisi Coklit Serentak ke Tokoh Masyarakat.

0
414

PALAS-(wartaselatan.com)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan melakukan melakukan supervisi pencocokan dan penelitian (Coklit) kepada tokoh masyarakat di Kecamatan Palas. Selasa (14/02/2023).

Supervisi coklit yang di lakukan kepada tokoh masyarakat dan tokoh adat itu, dilaksanakan oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Lampung Selatan, Asma Emilia di dampingi oleh Ketua PKK Palas Hendra bersama Anggota I ketut Purne, dan Panwaslucam.

Menurut penuturan Ketua PPK Kecamatan Palas, Hendra, coklit yang di lakukan petugas pantarlih di Desa Baliagung menjadi supervisi oleh komisioner KPU Kabupaten Lampung selatan, kepada dua tokoh masyarakat di kediaman Nyoman Supat Widie, dan tokoh adat, Ketut Grana.

“Kami melakukan coklit serentak tingkat kabupaten dalam rangka pemutakhiran data pemilih untuk Pemilihan Umum 2024, Ke tokoh masyarakat dan tokoh politik di Kecamatan Palas supervisi, langsung di lakukan oleh komisioner KPU Kabupaten,” kata Hendra.

Dia mengatakan data yang dicoklit di Kecamatan palas pada pelaksanaan Pemilu 2024 sebanyak 45.585 jiwa. Jumlah petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) sebanyak 171 orang. Mereka mendatangi secara door to door ke rumah-rumah warga melakukan coklit.

Sementara itu komisioner KPU Kabupaten Lampung Selatan, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Asma Emilia, mengatakan tujuan coklit untuk memastikan bahwa pemilih benar-benar di lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang ditentukan.

“kalau ada perubahan data, maka pantarlih akan melakukan perubahan data. Misalnya, salah tulis nama, tanggal lahir, mengecek jumlah disabilitas, memastikan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk elektronik, dan memastikan orangnya,” ucap dia

Dengan di lakukan coklit serentak di harapkan data pemilih pemilu 2024 menjadi pemilih berbasis de jure sesuai dengan KTP-el. Dengan supervisi ke tokoh masyarakat dan tokoh politik ini, memberikan contoh masyarakat bahwa tokoh-tokoh siap dan bersedia untuk dicoklit. (Sriwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini