Ketua TP-PKK Lamsel Hadiri Penilaian Lomba Desa Di Kecamatan Tanjung Sari

0
131

LAMPUNG SELATAN-(wartaselatan.com)

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri dan membuka kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Kecamatam Tanjung Sari, Senin (06/03/2023).

Desa Wonodadi mewakili Kecamatan Tanjung Sari maju dalam Lomba Desa. Lokasi ini menjadi titik ke-13 yang mendapatkan penilaian dari Tim Lomba Desa Kabupaten.

Kepala Desa Wonodadi Suparman dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten juga kepada masyarakat Desa, yang telah mendukung Desa Wonodadi bisa maju lomba Desa mewakili kecamatan Tanjung Sari.

“Saya atas nama Desa berterima kasih telah diberikan kesempatan Desa kami mewakili kecamatan mengikuti lomba Desa,” katanya.

Dirinya memaparkan Desanya memiliki 7 dusun dan 29 RT dengan jumlah penduduk 4.240 jiwa yang sebagian besar berprofesi sebagai Petani.

Suparman mengatakan Desanya memiliki Inovasi yaitu BUMDes yang bekerjasama dengan samsat dan BPPRD melayanai pembayaran pajak PBB dan kendaraan bermotor.

“Desa kami punya Inovasi di BUMDes, yaitu kami bekerjasama dengan Samsat dan BPPRD untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan Pembayaran Pajak PBN dan kendaraan bermotor,” kata Suparman.

Sementara itu, Winarni dalam sambutannya menyampaikan Desa Wonodadi telah menjadi juara ditingkat kecamatan Tanjung Sari

“Desa yang maju mewakili kecamatan itu sudah jadi juara, kalau gak juara gak bisa mewakili kecamatan,” ungkap Winarni.

Menurutnya, bidang Kesehatan, pendidikan, juga perekonomian Desa adalah hal penting dan perlu dikembangkan untuk kemajuan Desa.

Selain itu, Winarni juga mengungkapkan penilaian Lomba Desa ini sebagai motivasi dan semangat untuk memperbaiki dan berbenah agar Desa maju masyarakatnya sejahtera.

“Pak Kades jadikan penilaian dari Tim ini sebagai motivasi dan semangat untuk memperbaiki yang belum baik dan berbenah biar desanya jadi desa maju. Kalau Desanya maju insyallah masyarakatnya sejahtera,” kata Winarni.

Winarni menambahkan, agar Desa bisa menggali potensi yang ada di desa agar pendapatan Desa bisa lebih desa untuk lebih majunya desa.

“Kalau sumber pendapatan ini Desa banyak, Desanya pasti akan maju dan bisa mandiri, maka itu gali potensi – potensi yang ada di Desa,” ujar Winarni.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Staf ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarty yang hadir membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan menyampaikan, apresiasi kepada Kecamatan Tanjung Sari khususnya kepada Kepala Desa Wonodadi yang telah menyiapkan Desanya untuk lomba desa.

Dirinya optimis Desa Wonodadi sudah sangat siap untuk dilakukan penilaian dan dapat memberikan kreatifitas terbaiknya.

“Untuk mencapai tujuan pembangunan Desa ada Dua Indikator utama yang harus dilengkapi, yakni Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Data Profil Desa, dimana keduanya menjadi patokan ataupun tolak ukur bagi Pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa,” ungkapnya.

Selain itu dirinya mengatakan Penilaian Lomba Desa Tahun 2023 ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang meliputi 3 (Tiga) Bidang, yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan.

Selain penilaian lomba desa, Tim Penilai juga akan melaksanakan penilaian perlombaan Bulan Bakti Gotong royong Masyarakat (BBGRM) yang telah menetapkan 4 (Empat) Instrumen Penilaian, yaitu Bidang Kemasyarakatan, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Agama dan Bidang Lingkungan.

Kepada Tim Peanilai dirinya meminta untuk melakukan penilaian sesuai jiwa dan semangat reformasi.

“Berikan penilaian secara objektif dan selektif sehingga nantinya akan benar-benar menghasilkan desa juara yang berprestasi untuk mewakili Kabupaten yang kita cintai ini,” imbuhnya.

Dikahir kegiatan Winarni beserta tim Penilai dan rombongan meninjau pos pos pelayanan yang ada di Desa Wonodadi. (kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini