Puluhan Rumah Warga Desa Tanjungsari Rusak di Hempas Angin Puting Beliung

0
264

LAMSEL-(wartaselatan.com)

Angin Puting Beliung yang disertai hujan lebat terjadi dides Wawasan dan desa Bangunsari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (9/4/2023)  sekitar pukul 15.00 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun puluhan rumah warga mengalami kerusakan dan pagar salah satu sekolah dasar roboh dihantam angin Puting beliung yang cukup keras melanda dua desa ini

Akibat dari kejadian tersebut sebanyak 60 rumah warga mengalami kerusakan khususnya pada atap, akibat sapuan Angin Puting Beliung yang melanda pada sore hari itu

“Sedikitnya ada 60 rumah warga rusak khususnya pada atap serta pagar sekolah dasar mengalami kerusakan atau roboh,” tutur salah satu aparatur desa disela-sela melakukan pendataan warganya.

“Saat ini aparatur desa bersama pihak kecamatan serta warga setempat bergotong royong membersihkan puing-puing serta memotong pohon yang tumbang akibat hantaman angin yang cukup keras,” Ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan pihak aparatur desa dan kecamatan masih melakukan pendataan rumah warga yang menjadi korban ganasnya angin puting beliuang.

Dari informasi yang diperoleh dilapangan, kendala yang dihadapi diantaranya kurangnya sumber daya  dalam penanggulangan sementara dalam rangka pemulihan darurat hujan angin diantaranya baik peralatan, transportasi dan SDM serta rentang kendali.

Adapun potensi bencana susulan sesuai dengan himbauan BMKG bahwa cuaca ekstrim hujan lebat yang disertai angin kencang dan sambaran petir dapat berlangsung sampai dengan akhir bulan April 2023, oleh karena itu  dihimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah rawan bencana agar lebih waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana. (*/Pendi)

Sumber : BPBD Lamsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini