spot_img
Rabu, Februari 28, 2024
spot_img
spot_img
BerandaLampungTinjau Arus Balik Lebaran di Bakauheni, Menko PMK : Kesiapan Layanan Arus...

Tinjau Arus Balik Lebaran di Bakauheni, Menko PMK : Kesiapan Layanan Arus Balik Sangat Maksimal, Antrian Kendaraan Mengalir dan Tertib

-

BAKAUHENI-(wartaselatan.com)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kembali mengunjungi Pelabuhan Bakauheni Lampung dalam rangka memastikan persiapan dan kesiapan layanan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam menghadapi arus balik Lebaran yang diprediksikan Posko Arus Balik akan berakhir pada 2 Mei 2023 mendatang.

Menko Muhadjir menilai ASDP bersama dengan seluruh mitra kerja telah melakukan koordinasi dan kolaborasi aktif sehingga kesiapan layanan Angkutan Lebaran ASDP cukup baik, dimana antisipasi dan pengaturan yang dilakukan kompherensif. Kendati terjadi peningkatan volume kendaraan dan penumpang yang cukup ramai dibandingkan waktu normal, namun antrian tetap tertib.

“Persiapan dan antisipasi yang dilakukan ASDP sudah sangat baik, dan telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Bahkan ASDP juga telah melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait, termasuk dengan regulator Kementerian Perhubungan, aparat Kepolisian, asosiasi dan seluruh mitra kerja sehingga layanan arus mudik dan balik berjalan lancar, tertib, aman, nyaman dan selamat,” tutur Menko Muhadjir.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung kelancaran layanan angkutan arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju Merak, tentunya ASDP telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi agar tidak terjadi kepadatan di pelabuhan, termasuk terus mengingatkan masyarakat agar mempersiapkan perjalanan dengan sebaik-baiknya, dan memastikan telah memiliki tiket kapal sebelum tiba di pelabuhan.

Selanjutnya, Ira mengatakan bahwa ASDP akan mengikuti arahan regulator terkait penyesuaian layanan dimana untuk menghindari antrian kendaraan yang turun dari kapal di Pelabuhan Merak, beberapa kapal operasi dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dapat dialihkan untuk melakukan bongkar kendaraan (unloading) di Pelabuhan Ciwandan dengan pola tiba bongkar berangkat (TBB).

Selain itu, juga terdapat pengaturan penundaan perjalanan (delaying system) menuju Pelabuhan Bakauheni yang dapat dilakukan di Rest Area KM 87, KM 67, KM 49, KM 33 dan KM 20 Tol Terbanggi Besar – Bakauheni.

“Tentunya kenyamanan, keselamatan, dan keamanan penumpang akan selalu menjadi prioritas ASDP dalam memberikan pelayanan prima bagi pengguna jasa pelabuhan,” tutur Ira lagi.

Berdasarkan Data Posko Arus Balik Bakauheni,
trafik kendaraan roda empat yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, Banten terpantau ramai lancar dan cenderung meningkat. Tercatat, total kendaraan roda empat yang menyeberang pada H+1 atau periode dari Senin (24/4) pukul 08.00 hingga Selasa (25/4) pukul 08.00 pagi atau H+1 mencapai 11.854 unit atau naik 27% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 9.309 unit.

“Secara angka, jumlah pergerakan R4 dari Sumatera ke Jawa telah mengalami peningkatan dibanding saat kondisi normal. Tercatat R4 sebanyak 11.824 unit terhitung pada H+1 selama 24 jam atau naik 27% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 9.309 unit,” ujar Ira mencontohkan.

Berdasarkan data Posko Bakauheni selama 24 jam (periode 24 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 25 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau H+1, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 32 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 88.758 orang atau naik 29% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 68.917 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 18.985 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H+1 atau naik 26% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 15.044 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga H+1 tercatat 552.862 orang atau naik 10% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 504.503 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 108.792 unit atau naik 7% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 102.020 unit.

Sebaliknya, data Posko Merak pada (24 jam) H+1 realisasi total penumpang mencapai 42.226 orang atau turun 6% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 44.763 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 8.120 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H+1 atau turun 10% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 9.000 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 hingga H+1 tercatat 1.012.436 orang atau naik 3% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 986.895 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 232.159 unit atau naik 2% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 228.460 unit.

“Kami harap masyarakat dapat segera melakukan reservasi tiket, atur perjalanan balik lebih awal untuk menghindari antrian. Namun, kami juga mohon kerjasama dan perhatiannya kepada pengguna jasa untuk tetap mengikuti aturan agar menyeberang sesuai dengan tanggal dan waktu yang tertera di tiket,” ujarnya.

Tiket ferry pakan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

Hindari pembelian tiket melalui calo. Pengguna jasa perlu memastikan seluruh data penumpang tercatat dengan baik sebagai data manifest yang akurat adalah bentuk perlindungan asuransi bagi pengguna jasa. Mohon pastikan agar membeli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu: Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

Puncak arus balik 1 diperkirakan terjadi pada Senin (24/4) atau H+1 dan Selasa (25/4) atau H+2, dan puncak arus balik kedua pada Minggu (30/4) atau H+7 dan Senin (1/5) atau H+8 yang bertepatan dengan libur Hari Buruh. (*)

Sumber : Humas ASDP Indonesia Ferry (persero)

Related articles

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Latest posts